Honda Scoopy, yang pertama kali diluncurkan 14 tahun lalu, langsung menarik perhatian konsumen di Indonesia. Karena itu, pabrikan terus melakukan inovasi dan pembaruan, hingga kini memasuki generasi keenam.
Thomas Wijaya, Vice President Executive PT Astra Honda Motor (AHM), mengungkapkan bahwa Honda Scoopy sering menyumbang 20-23 persen dari total penjualan mereka di Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa skuter matik retro tersebut terjual hingga 1 juta unit setiap tahunnya!
“Penjualannya bagus, kontribusinya di atas 20 persen. Jadi kurang lebih 1 juta unit lah ya atau 20-23 persen dari total penjualan kita,” ujar Thomas Wijaya saat ditemui awak media di kawasan Cikarang, Jawa Barat.
Thomas menegaskan bahwa Honda Scoopy berhasil masuk dalam tiga besar penjualan AHM di Indonesia, bersanding dengan skuter matik populer lainnya.
“Pokoknya (Honda Scoopy) masuk tiga besar (penjualan tertinggi). Jadi ada BeAT, ada Vario dan Scoopy,” ungkapnya.
Honda Scoopy hanya dipasarkan di dua negara, yakni Thailand dan Indonesia, namun Indonesia tetap menjadi pasar terbesar dengan populasi mencapai 8,5 juta unit sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2010.
Ada hal lain dari obrolan ini yang ingin kamu saya ingat?
Setelah sukses dengan lima generasi sebelumnya, PT AHM akhirnya merilis Honda Scoopy generasi keenam. Model terbaru ini mengalami banyak perubahan, terutama pada desain dan tampilan yang semakin segar dibandingkan dengan generasi sebelumnya.
Honda Scoopy generasi terbaru kini hadir dengan headlamp yang mengusung desain crystal block. Selain itu, sepasang lampu sein-nya juga tampil dengan desain baru, kini diposisikan sedikit lebih rendah.
Setang pada Honda Scoopy generasi terbaru kini tidak lagi tampil telanjang, melainkan dilengkapi dengan pelindung atau cover tambahan. Selain itu, terdapat aksen lubang udara baru di bagian wajah kendaraan yang memberikan sentuhan desain yang lebih modern.
Tidak hanya bagian depan, bagian belakang Honda Scoopy juga mengalami perubahan signifikan. Pabrikan membekali kendaraan ini dengan lampu ekor baru yang memiliki aksen lengkungan yang membelah area tengah. Sepasang lampu sein kini dibuat lebih lebar dan lebih dominan, sementara pelek roda mengusung desain palang lima yang lebih modern.
Honda Scoopy generasi terbaru juga mengalami perubahan pada fiturnya. Kini, motor ini dilengkapi dengan panel instrumen full digital yang menggabungkan nuansa retro dengan teknologi canggih. Selain itu, soket charger ponsel pada Scoopy baru kini mengadopsi tipe-C untuk kenyamanan pengisian daya yang lebih cepat dan efisien.
Perubahan lain yang terlihat pada Honda Scoopy terbaru adalah pada console box, yang kini memiliki kapasitas 4 liter, meningkat 1,3 liter dibandingkan dengan generasi kelima. Penambahan ruang ini memungkinkan pengendara untuk menyimpan barang-barang dengan ukuran lebih panjang, seperti botol minum, dengan lebih mudah.
Honda Scoopy terbaru hadir dalam empat varian, yaitu Fashion dan Energetic yang masing-masing dibanderol seharga Rp 22,5 juta, serta Stylish dan Prestige yang dijual dengan harga Rp 23,3 juta. Semua varian ini memiliki status on the road Jakarta.