Cara Membuat Centang 1 di Aplikasi WA Biasa dengan Praktis

WhatsApp atau yang sering disingkat WA sudah menjadi aplikasi pesan instan yang sangat populer. Terkadang, kita ingin membuat pesan yang kita kirim hanya terlihat sebagai centang satu saja meskipun sebenarnya pesan tersebut sudah diterima oleh penerima. Apakah mungkin untuk membuat centang satu? Tentu saja bisa! Yuk, simak cara-cara praktis berikut ini.

Gunakan Mode Pesawat

Langkah Pertama: Aktifkan Mode Pesawat

Cara paling mudah dan cepat adalah dengan mengaktifkan mode pesawat sebelum kamu membuka pesan yang masuk. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Ketika ada pesan masuk di WA, jangan langsung dibuka.
  2. Aktifkan mode pesawat di ponselmu. Biasanya, kamu bisa menemukan opsi ini di menu cepat atau pengaturan.

Langkah Kedua: Buka Pesan di WhatsApp

Setelah mode pesawat aktif, buka aplikasi WA dan baca pesannya. Karena mode pesawat aktif, WA tidak akan mengirimkan notifikasi bahwa pesan sudah dibaca, jadi tetap terlihat centang satu saja. Setelah selesai membaca, tutup aplikasi WA dan matikan mode pesawat.

Gunakan WhatsApp Web

Langkah Pertama: Login ke WhatsApp Web

Cara lain yang bisa kamu coba adalah menggunakan WhatsApp Web. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Buka WhatsApp Web di komputer atau laptop dan login dengan akun WA-mu.
  2. Jangan langsung membuka pesan yang masuk di WA Web.

Langkah Kedua: Nonaktifkan Koneksi Internet

Setelah pesan masuk, matikan koneksi internet di komputer atau laptopmu. Ini bisa dilakukan dengan mematikan Wi-Fi atau kabel LAN. Setelah itu, buka pesan yang masuk di WA Web. Karena tidak ada koneksi internet, status pesan tidak akan berubah menjadi centang dua biru.

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Aplikasi untuk Membaca Pesan Tanpa Membuka WA

Terdapat beberapa aplikasi pihak ketiga yang bisa membantu kamu membaca pesan WA tanpa harus membuka aplikasinya. Beberapa aplikasi ini antara lain:

  1. Unseen – Aplikasi ini memungkinkan kamu membaca pesan tanpa harus membuka WA, sehingga pengirim pesan tidak akan tahu bahwa kamu sudah membacanya.
  2. BlueTick – Aplikasi ini juga memiliki fungsi serupa, yaitu membaca pesan tanpa membuka WA.

Cara Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

  1. Unduh dan instal aplikasi yang kamu pilih dari Play Store.
  2. Buka aplikasi dan ikuti petunjuk untuk mengatur notifikasi agar bisa membaca pesan WA tanpa membukanya.

Kesimpulan

Membuat centang 1 di aplikasi WA biasa memang memerlukan sedikit trik, tapi dengan beberapa langkah praktis di atas, kamu bisa melakukannya dengan mudah. Menggunakan mode pesawat, WhatsApp Web, atau aplikasi pihak ketiga adalah beberapa cara yang bisa kamu coba. Jadi, sekarang kamu bisa membaca pesan tanpa harus khawatir pengirim tahu bahwa pesannya sudah dibaca. Semoga tips ini bermanfaat dan selamat mencoba!