Cara Jitu Mengetahui Orang yang Stalking Akun Facebook Milik Kamu

Facebook masih menjadi salah satu media sosial terpopuler di dunia, dan mungkin kamu pernah bertanya-tanya siapa saja yang sering mengunjungi profilmu. Meski Facebook tidak menyediakan fitur resmi untuk mengetahui siapa yang stalking akunmu, ada beberapa cara jitu yang bisa kamu coba untuk mendapat gambaran siapa saja yang sering mampir ke profil Facebook milikmu. Yuk, simak langkah-langkah berikut ini!

1. Gunakan Fitur “Story”

Periksa Siapa yang Melihat Story Kamu

Fitur Story di Facebook memungkinkan kamu untuk membagikan momen-momen singkat yang akan hilang dalam 24 jam. Salah satu kelebihan dari fitur ini adalah kamu bisa melihat siapa saja yang melihat Story-mu.

Langkah-langkah:

  1. Buat Story: Unggah foto atau video di Story Facebook-mu.
  2. Periksa Viewers: Setelah beberapa waktu, buka kembali Story tersebut dan lihat siapa saja yang telah melihatnya. Nama-nama yang sering muncul bisa jadi adalah orang yang sering mengunjungi profilmu.

2. Manfaatkan Fitur “Friend Suggestions”

Teman yang Sering Muncul di Saran Teman

Facebook sering memberikan saran pertemanan berdasarkan aktivitas pengguna, termasuk siapa saja yang sering mengunjungi profilmu. Jika ada nama yang sering muncul di daftar saran teman, bisa jadi orang tersebut sering mengunjungi profil Facebook-mu.

Langkah-langkah:

  1. Buka Saran Teman: Masuk ke halaman “Friend Suggestions” atau “People You May Know” di Facebook.
  2. Amati Nama yang Sering Muncul: Perhatikan nama-nama yang sering muncul. Jika kamu melihat nama yang sama berulang kali, ada kemungkinan besar orang tersebut sering mengecek profilmu.

3. Analisis Interaksi di Postingan

Periksa Like dan Komentar

Orang yang sering stalking profilmu kemungkinan besar juga sering berinteraksi dengan postinganmu, entah itu dengan memberikan like atau meninggalkan komentar.

Langkah-langkah:

  1. Cek Postingan Lama: Lihat kembali postingan-postingan lama di profilmu.
  2. Periksa Interaksi: Amati siapa saja yang sering memberikan like atau komentar. Nama-nama yang sering muncul bisa jadi adalah stalker-mu.

4. Gunakan Ekstensi Browser

Ekstensi Pihak Ketiga

Ada beberapa ekstensi browser yang mengklaim bisa membantu mengetahui siapa yang sering mengunjungi profil Facebook-mu. Namun, perlu diingat bahwa menggunakan ekstensi ini bisa berisiko terhadap privasi dan keamanan data pribadimu.

Langkah-langkah:

  1. Cari Ekstensi di Web Store: Buka Chrome Web Store atau toko ekstensi browser lainnya.
  2. Install Ekstensi: Cari ekstensi dengan kata kunci seperti “Facebook Profile Viewer” atau sejenisnya, lalu install.
  3. Ikuti Instruksi: Ikuti petunjuk yang diberikan oleh ekstensi tersebut untuk mengetahui siapa saja yang sering mengunjungi profilmu. Ingat untuk berhati-hati dan membaca ulasan pengguna sebelum menginstall ekstensi apa pun.

5. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga (Dengan Hati-hati)

Aplikasi yang Diklaim Bisa Melacak Pengunjung Profil

Ada beberapa aplikasi pihak ketiga yang mengklaim bisa membantu melacak siapa saja yang mengunjungi profil Facebook-mu. Namun, kebanyakan dari aplikasi ini tidak resmi dan bisa membahayakan keamanan akunmu.

Langkah-langkah:

  1. Cari Aplikasi di Play Store atau App Store: Buka toko aplikasi dan cari dengan kata kunci seperti “Profile Visitors for Facebook”.
  2. Install Aplikasi: Pilih aplikasi yang memiliki ulasan positif dan install di perangkatmu.
  3. Ikuti Petunjuk: Ikuti langkah-langkah yang diberikan oleh aplikasi tersebut. Namun, selalu ingat untuk tidak memberikan informasi pribadi atau login Facebook-mu pada aplikasi yang tidak terpercaya.

Kesimpulan

Meskipun Facebook tidak menyediakan cara resmi untuk mengetahui siapa yang stalking profilmu, beberapa metode di atas bisa memberikan gambaran siapa saja yang sering mengunjungi profilmu. Gunakan fitur-fitur yang tersedia di Facebook dengan bijak dan selalu waspada terhadap aplikasi atau ekstensi yang menjanjikan fitur-fitur yang tidak resmi. Dengan langkah-langkah ini, kamu bisa lebih memahami interaksi di profil Facebook-mu dan siapa tahu, mungkin menemukan beberapa stalker!