Begini Cara Praktis Download Story IG dengan Mudah dan Gratis

Ingin menyimpan cerita Instagram (IG Story) favorit kamu tanpa ribet? Kamu berada di tempat yang tepat! Dalam artikel ini, kita akan membahas cara-cara praktis untuk mendownload Story IG dengan mudah dan tentunya gratis. Tak perlu alat mahal atau pengetahuan teknis mendalam, cukup ikuti langkah-langkah berikut.

Mengapa Mendownload Story IG?

Sebelum masuk ke cara-cara mendownload, ada baiknya kita pahami dulu kenapa kamu mungkin ingin menyimpan IG Story. Beberapa alasan umum meliputi:

  • Menyimpan momen berharga: Story dari teman atau keluarga yang ingin kamu simpan.
  • Konten inspiratif: Menyimpan story dari akun favorit untuk referensi atau inspirasi.
  • Koleksi pribadi: Mengumpulkan konten lucu atau menarik untuk dilihat kembali di lain waktu.

Cara Download Story IG Menggunakan Aplikasi

Ada beberapa aplikasi di ponsel yang bisa kamu gunakan untuk mendownload Story IG dengan cepat dan mudah. Berikut beberapa langkah yang bisa diikuti:

1. Menggunakan StorySaver

StorySaver adalah salah satu aplikasi populer yang bisa kamu gunakan untuk mendownload Story IG. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Unduh dan Pasang Aplikasi StorySaver: Buka Play Store (untuk pengguna Android) atau App Store (untuk pengguna iOS) dan cari aplikasi StorySaver. Unduh dan pasang aplikasinya di ponsel kamu.
  2. Login ke Akun IG Kamu: Buka aplikasi StorySaver dan login dengan akun Instagram kamu.
  3. Cari Pengguna yang Ingin Kamu Download Story-nya: Ketik username dari akun yang IG Story-nya ingin kamu download.
  4. Pilih dan Download Story: Pilih story yang ingin kamu simpan dan klik tombol download. Voila! Story IG tersebut akan tersimpan di galeri ponsel kamu.

2. Menggunakan StoryDownloader.net

Jika kamu tidak ingin menginstal aplikasi tambahan, kamu bisa menggunakan layanan web seperti StoryDownloader.net. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka Situs StoryDownloader.net: Buka browser dan kunjungi situs StoryDownloader.net.
  2. Masukkan Username: Masukkan username dari akun Instagram yang story-nya ingin kamu download.
  3. Pilih Story yang Ingin Didownload: Setelah username dimasukkan, kamu akan melihat daftar story yang tersedia. Pilih story yang ingin kamu simpan.
  4. Download Story: Klik tombol download dan story akan tersimpan di perangkat kamu.

Cara Download Story IG Tanpa Aplikasi

Tidak mau ribet dengan aplikasi? Kamu juga bisa mendownload Story IG tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Berikut caranya:

1. Menggunakan Fitur Screenshot dan Screen Recording

Jika kamu hanya butuh menyimpan story dalam bentuk gambar atau video pendek, kamu bisa memanfaatkan fitur bawaan di ponsel kamu.

Screenshot (Untuk Gambar)

  1. Buka Story yang Ingin Didownload: Buka aplikasi Instagram dan buka story yang ingin kamu simpan.
  2. Screenshot: Gunakan fitur screenshot bawaan ponsel kamu (biasanya dengan menekan tombol power + volume down secara bersamaan) untuk mengambil gambar dari story tersebut.

Screen Recording (Untuk Video)

  1. Aktifkan Fitur Screen Recording: Pada ponsel Android atau iOS, aktifkan fitur screen recording dari menu pengaturan cepat (quick settings).
  2. Mulai Merekam: Buka story yang ingin kamu simpan dan mulai merekam layar.
  3. Simpan Rekaman: Setelah story selesai, hentikan perekaman dan simpan hasilnya di galeri ponsel kamu.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara praktis untuk mendownload Story IG dengan mudah dan gratis. Kamu bisa memilih metode yang paling nyaman dan sesuai dengan kebutuhan kamu, baik itu menggunakan aplikasi tambahan, layanan web, atau fitur bawaan ponsel. Dengan langkah-langkah di atas, kamu bisa menyimpan momen-momen berharga atau konten inspiratif dari Instagram dengan mudah. Selamat mencoba!