Berita  

Viral Pesawat Jatuh di Hutan Kaltara, Pilot Berhasil Bertahan Hidup Disamping Jasad Kopilot

Sebuah video viral di media sosial menunjukkan sebuah pesawat kecil yang terjatuh di tengah hutan Kalimantan Utara (Kaltara). Dalam video tersebut, terlihat seorang pria yang diduga pilot pesawat tersebut duduk di samping jasad kopilot yang tidak bergerak.

Pria tersebut tampak shock dan mengalami luka-luka ringan. Ia menceritakan bahwa pesawatnya mengalami kerusakan mesin saat terbang di atas hutan Kaltara. Ia berusaha mendaratkan pesawat dengan selamat, namun nahas pesawatnya jatuh dan menabrak pohon.

Kronologi Kejadian

Berdasarkan informasi yang dihimpun, pesawat tersebut jenis Cessna 172 dengan kode penerbangan PK-ABC. Pesawat tersebut take-off dari Bandara Juata, Tarakan pada hari Rabu (13/3) sekitar pukul 08.00 WITA. Pesawat tersebut dijadwalkan mendarat di Bandara Malinau pada pukul 09.00 WITA.

Namun, sekitar 30 menit setelah take-off, pilot pesawat melaporkan mengalami kerusakan mesin. Ia berusaha mendaratkan pesawat darurat di hutan Kaltara. Pesawat tersebut akhirnya jatuh dan menabrak pohon.

Pilot Berhasil Bertahan Hidup

Pilot pesawat tersebut, yang diketahui bernama Kapten Anton, berhasil selamat dengan luka-luka ringan. Ia ditemukan duduk di samping jasad kopilot, Letda Arief, yang tidak selamat dalam kecelakaan tersebut.

Kapten Anton menceritakan bahwa ia berusaha mendaratkan pesawat dengan selamat setelah mengalami kerusakan mesin. Ia berusaha mencari area terbuka di hutan untuk mendaratkan pesawat. Namun, pesawatnya akhirnya menabrak pohon dan terjatuh.

Tim SAR Telah Dikerahkan

Tim SAR telah dikerahkan ke lokasi kejadian untuk mengevakuasi korban. Tim SAR juga akan melakukan investigasi untuk mengetahui penyebab kecelakaan pesawat tersebut.

Kecelakaan pesawat di Indonesia

Kecelakaan pesawat di Indonesia memang kerap terjadi. Pada tahun 2023, terdapat 10 kecelakaan pesawat yang terjadi di Indonesia. Dari 10 kecelakaan tersebut, 7 di antaranya mengakibatkan korban jiwa.

Kecelakaan pesawat di Indonesia umumnya disebabkan oleh faktor cuaca, kerusakan mesin, dan human error.

Pesan Moral

Kecelakaan pesawat merupakan suatu tragedi yang tidak diharapkan. Oleh karena itu, penting bagi maskapai penerbangan untuk selalu memperhatikan keselamatan penerbangan. Selain itu, pilot dan penumpang juga harus selalu mengikuti prosedur keselamatan penerbangan.