Berita  

Viral Kapal Rohingya Tenggelam di Perairan Kuala Bubon, Puluhan Orang Dikabarkan Meninggal

Kuala Bubon, Aceh – Sebuah tragedi kemanusiaan kembali terjadi di Perairan Kuala Bubon, Aceh Timur, pada hari Senin (18/3/2024). Sebuah kapal yang membawa sekitar 150 orang pengungsi Rohingya karam setelah diterjang gelombang tinggi saat dalam perjalanan menuju Malaysia.

Menurut keterangan dari para korban selamat, kapal tersebut berangkat dari Myanmar dengan kondisi yang tidak layak laut. Kapal tersebut mengalami kerusakan mesin dan terombang-ambing di laut selama beberapa hari tanpa makanan dan air minum yang cukup.

Saat berusaha mencapai daratan di Aceh, kapal tersebut dihantam gelombang tinggi dan tenggelam dalam hitungan menit. Puluhan orang penumpang terlempar ke laut dan tenggelam.

Upaya Penyelamatan

Tim SAR gabungan dari Basarnas, TNI, Polri, dan relawan bergerak cepat untuk melakukan pencarian dan penyelamatan terhadap korban. Tim SAR menggunakan berbagai peralatan dan perahu karet untuk mencari korban di laut dan di pesisir pantai.

Hingga hari Rabu (20/3/2024), tim SAR gabungan telah berhasil menemukan dan menyelamatkan 50 orang pengungsi Rohingya. Sebanyak 30 orang ditemukan dalam keadaan selamat, sedangkan 20 orang lainnya ditemukan dalam keadaan meninggal dunia.

Upaya Penanganan Korban

Para korban selamat dievakuasi ke Puskesmas Kuala Bubon untuk mendapatkan perawatan medis. Mereka juga mendapatkan bantuan makanan, pakaian, dan tempat tinggal sementara dari pemerintah daerah dan organisasi kemanusiaan.

Duka dan Keprihatinan

Tragedi tenggelamnya kapal Rohingya ini kembali mengundang duka dan keprihatinan dari berbagai pihak. Banyak yang mengecam tindakan penyelundupan manusia yang membahayakan keselamatan para pengungsi.

Pemerintah Indonesia dan organisasi internasional seperti UNHCR terus berusaha untuk mencari solusi terbaik untuk membantu para pengungsi Rohingya yang terdampar di Indonesia.

Dampak Tragedi

Tragedi ini meninggalkan luka mendalam bagi para korban selamat dan keluarga mereka. Banyak anak-anak yang kehilangan orang tua mereka dalam tragedi ini.

Tragedi ini juga menjadi pengingat bagi kita semua tentang pentingnya memberikan bantuan kemanusiaan kepada para pengungsi Rohingya yang masih hidup dalam kondisi yang memprihatinkan di Myanmar dan di negara-negara tetangga.

Ajakan Aksi

Kita semua dapat membantu para pengungsi Rohingya dengan cara: