Berita  

Viral Jalanan Tampak Terbelah Akibat Gempa 6,5 SR yang Mengguncang Tuban, Jawa Timur

Tuban, Jawa Timur – Gempa berkekuatan 6,5 skala Richter (SR) mengguncang Kabupaten Tuban, Jawa Timur, pada hari Jumat, 22 Maret 2024, sekitar pukul 14.00 WIB. Gempa tersebut menyebabkan kerusakan parah di beberapa wilayah, salah satunya di Desa Sumurgeneng, Kecamatan Jenu.

Jalanan Terbelah Dua

Salah satu kerusakan yang paling parah akibat gempa tersebut adalah jalanan di Desa Sumurgeneng yang tampak terbelah dua. Jalanan tersebut retak dan amblas dengan kedalaman sekitar 1 meter dan lebar 50 meter.

Video Viral

Video jalanan yang terbelah dua di Desa Sumurgeneng tersebut viral di media sosial. Netizen ramai-ramai mendoakan keselamatan warga Tuban dan meminta pemerintah untuk segera turun tangan membantu korban gempa.

Kerusakan Lainnya

Selain jalanan yang terbelah dua, gempa tersebut juga menyebabkan kerusakan pada beberapa rumah, bangunan sekolah, dan tempat ibadah.

Korban Jiwa

Berdasarkan data sementara, gempa tersebut menyebabkan 10 orang meninggal dunia dan puluhan lainnya luka-luka.

Tim SAR Dikerahkan

Tim SAR gabungan dari BPBD Tuban, TNI, Polri, dan relawan dikerahkan untuk membantu korban gempa. Tim SAR melakukan evakuasi korban luka-luka dan pendataan kerusakan.

Bantuan Pemerintah

Pemerintah Kabupaten Tuban telah memberikan bantuan kepada korban gempa. Bantuan tersebut berupa makanan, air minum, tenda pengungsian, dan kebutuhan lainnya.

Imbauan kepada Masyarakat

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada terhadap potensi gempa susulan.

Kesimpulan

Gempa 6,5 SR yang mengguncang Tuban, Jawa Timur, menyebabkan kerusakan parah di beberapa wilayah. Jalanan di Desa Sumurgeneng tampak terbelah dua dan beberapa bangunan mengalami kerusakan. Tim SAR gabungan dikerahkan untuk membantu korban gempa. Pemerintah Kabupaten Tuban telah memberikan bantuan kepada korban gempa. BMKG mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada terhadap potensi gempa susulan.