Berita  

Aksi Viral Dua Orang Asal Sumatra yang Berhasil ke Mekkah Hanya dengan Bersepeda dengan Waktu 4 Bulan Perjalanan

Dua pemuda asal Sumatra, yaitu Muhammad Ihsan (24) dari Lampung dan Muhammad Arifin (25) dari Riau, berhasil menunaikan ibadah umrah di Mekkah dengan bersepeda. Mereka menempuh perjalanan selama 4 bulan dari Indonesia ke Arab Saudi.

Perjalanan mereka dimulai pada tanggal 1 November 2023 dari Lampung dan berakhir pada tanggal 23 Maret 2024 di Mekkah. Mereka menempuh jarak lebih dari 12.000 kilometer dengan melewati berbagai negara, seperti Malaysia, Thailand, Myanmar, India, Pakistan, Iran, dan Irak.

Aksi mereka viral di media sosial setelah mereka membagikan video dan foto perjalanannya di akun Instagram dan TikTok mereka. Banyak orang yang kagum dengan tekad dan semangat mereka untuk menunaikan ibadah umrah dengan cara yang unik dan menantang.

Ihsan dan Arifin mengaku terinspirasi dari kisah para sahabat Nabi Muhammad SAW yang melakukan hijrah dengan berjalan kaki. Mereka ingin menunjukkan bahwa tidak ada yang mustahil jika kita memiliki tekad dan semangat yang kuat untuk mencapai tujuan.

Perjalanan mereka tidak mudah. Mereka harus menghadapi berbagai rintangan, seperti cuaca ekstrem, medan yang sulit, dan bahasa yang berbeda. Namun, mereka selalu dibantu oleh orang-orang baik di sepanjang perjalanan mereka.

Keberhasilan Ihsan dan Arifin dalam mencapai Mekkah dengan bersepeda menjadi inspirasi bagi banyak orang. Mereka menunjukkan bahwa dengan tekad dan semangat yang kuat, kita bisa mencapai mimpi kita, bahkan dengan cara yang tidak biasa.

Berikut beberapa fakta menarik tentang perjalanan Ihsan dan Arifin: