Berita  

Pandemi Covid-19 Sudah Lama Mereda, Satu Keluarga Asal Inggris Ini Enggan Keluar Hingga Saat Kini

Pandemi Covid-19 telah mereda di berbagai belahan dunia, termasuk di Inggris. Namun, satu keluarga di Inggris memilih untuk tetap tinggal di dalam rumah mereka sejak Maret 2020 dan tidak pernah keluar sama sekali.

Keluarga tersebut terdiri dari pasangan suami istri, Neil dan Sharon, dan dua anak mereka yang berusia 10 dan 7 tahun. Mereka memutuskan untuk mengunci diri di rumah mereka di Oxfordshire ketika pandemi Covid-19 mulai merebak.

Neil, seorang pengembang perangkat lunak, mengatakan bahwa mereka memutuskan untuk mengunci diri karena mereka khawatir akan kesehatan anak-anak mereka yang memiliki kondisi kesehatan yang mendasarinya.

“Kami tidak ingin mengambil risiko anak-anak kami terkena virus,” kata Neil kepada BBC. “Kami tahu bahwa virus ini bisa berbahaya bagi anak-anak dengan kondisi kesehatan yang mendasarinya.”

Sharon, seorang ibu rumah tangga, mengatakan bahwa mereka telah beradaptasi dengan baik dengan kehidupan di dalam rumah. Mereka memesan makanan dan kebutuhan sehari-hari secara online dan melakukan homeschooling untuk anak-anak mereka.

“Awalnya memang sulit, tetapi kami sudah terbiasa sekarang,” kata Sharon. “Kami merasa aman dan nyaman di rumah.”

Keluarga tersebut mengatakan bahwa mereka tidak berencana untuk keluar dari rumah dalam waktu dekat. Mereka akan terus memantau situasi Covid-19 dan akan keluar ketika mereka merasa aman untuk melakukannya.

“Kami ingin keluar dan menikmati hidup lagi,” kata Neil. “Tetapi kami ingin memastikan bahwa kami melakukannya dengan aman.”

Kisah keluarga ini menunjukkan bahwa dampak pandemi Covid-19 masih terasa bagi sebagian orang. Meskipun pandemi telah mereda, beberapa orang masih merasa khawatir untuk keluar dari rumah dan beraktivitas seperti biasa.

Dampak Psikologis Pandemi Covid-19

Pandemi Covid-19 telah memberikan dampak yang signifikan terhadap kesehatan mental banyak orang. Banyak orang yang mengalami kecemasan, depresi, dan stres akibat pandemi.

Beberapa orang yang mengalami kecemasan dan depresi mungkin merasa enggan untuk keluar dari rumah dan beraktivitas seperti biasa. Hal ini dapat menyebabkan mereka menjadi terisolasi dan mengalami kesulitan untuk kembali ke kehidupan normal.

Jika Anda merasa cemas atau depresi, penting untuk mencari bantuan profesional. Seorang psikolog atau terapis dapat membantu Anda untuk mengatasi kecemasan dan depresi dan mengembangkan strategi untuk kembali ke kehidupan normal.

Tips untuk Kembali ke Kehidupan Normal

Berikut beberapa tips untuk membantu Anda kembali ke kehidupan normal setelah pandemi Covid-19:

  • Mulai perlahan. Jangan memaksakan diri untuk melakukan terlalu banyak hal sekaligus.
  • Tetap terhubung dengan orang lain. Berbicaralah dengan teman, keluarga, atau orang lain yang Anda percayai tentang perasaan Anda.
  • Lakukan aktivitas yang Anda sukai. Melakukan aktivitas yang Anda sukai dapat membantu Anda untuk merasa lebih baik.
  • Jaga kesehatan fisik dan mental Anda. Makan makanan yang sehat, berolahraga secara teratur, dan cukup tidur.
  • Cari bantuan profesional jika Anda membutuhkannya. Seorang psikolog atau terapis dapat membantu Anda untuk mengatasi kecemasan dan depresi dan mengembangkan strategi untuk kembali ke kehidupan normal.

Pandemi Covid-19 telah memberikan banyak tantangan bagi banyak orang. Namun, dengan waktu dan usaha, Anda dapat kembali ke kehidupan normal dan menikmati hidup again.