Berita  

Viral Fenomena Penyapu Koin di Jembatan Sewo Subang Membludak Jelang Lebaran 2024, Mengular Hingga Beberapa Kilometer

Fenomena penyapu koin di Jembatan Sewo, Subang, Jawa Barat kembali marak menjelang Hari Raya Idul Fitri 2024. Antrean penyapu koin mengular hingga beberapa kilometer di sepanjang jalan, bahkan hingga ke wilayah Kabupaten Indramayu.

Tradisi menyapu koin di Jembatan Sewo dipercaya membawa keberuntungan bagi para pemudik. Para pemudik biasanya melemparkan koin ke bawah jembatan sebagai bentuk sedekah dan doa agar perjalanan mereka lancar dan selamat.

Menurut salah satu penyapu koin, Ujang (45), jumlah penyapu koin di Jembatan Sewo meningkat drastis menjelang Lebaran.

“Biasanya hanya ada beberapa orang, tapi sekarang bisa mencapai ratusan,” kata Ujang.

Ujang mengaku bisa mendapatkan penghasilan hingga Rp 500.000 per hari dari menyapu koin. Uang tersebut ia gunakan untuk membantu kebutuhan keluarganya.

Fenomena penyapu koin di Jembatan Sewo ini menarik perhatian banyak pihak. Beberapa orang menilai tradisi ini positif karena membantu perekonomian masyarakat setempat. Namun, ada juga yang khawatir tradisi ini dapat membahayakan keselamatan para penyapu koin dan mengganggu kelancaran arus lalu lintas.

Pemerintah Kabupaten Subang telah menghimbau para pemudik untuk tidak melemparkan koin ke bawah jembatan. Himbauan ini dilakukan untuk menjaga keselamatan para penyapu koin dan kelancaran arus lalu lintas.

Berikut beberapa tips untuk para pemudik yang ingin melintasi Jembatan Sewo:

  • Hindari melemparkan koin ke bawah jembatan. Tradisi ini dapat membahayakan keselamatan para penyapu koin dan mengganggu kelancaran arus lalu lintas.
  • Beri sedekah kepada para penyapu koin dengan cara yang lebih aman. Anda dapat memberikan uang langsung kepada mereka atau melalui kotak amal yang disediakan.
  • Tetap waspada dan berhati-hati saat melintasi Jembatan Sewo. Kemacetan dan antrean panjang kendaraan diprediksi akan terjadi di sekitar jembatan ini.
  • Patuhi peraturan lalu lintas dan ikuti arahan petugas.

Semoga informasi ini bermanfaat dan membantu para pemudik yang ingin melintasi Jembatan Sewo dengan selamat dan nyaman.