Berita  

Viral! 4 Ban Mobil Avanza Raib Digasak Maling Diduga Profesional di Ciawi Bogor

Dunia maya kembali dihebohkan dengan aksi pencurian yang terbilang nekat. Sebuah mobil Avanza yang terparkir di Jalan Cibadak Gadog, Padansari, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor kehilangan keempat rodanya sekaligus.

Insiden ini menimpa warga bernama Budi (35) pada dini hari tadi. Ia mendapati mobil Avanza miliknya dalam keadaan terganjal batu bata dengan keempat ban menghilang. Dugaan mengarah ke komplot pencuri profesional lantaran melihat modus operandi yang cepat dan bersih.

Budi yang baru mengetahui kondisi mobilnya pada pagi hari itu pun langsung melaporkan kejadian tersebut ke pihak kepolisian. “Saya syok pastinya, baru semalam parkir di sini, pagi ini bangun ban sudah hilang semua,” tutur Budi dikutip dari Kompas.com.

Menurutnya, lokasi parkir tersebut sebenarnya cukup ramai dan terdapat penerangan jalan. Namun, hilangnya keempat ban mobilnya dalam waktu singkat membuat kecurigaan mengarah ke sekelompok maling yang sudah terlatih.

Waspada Pencurian Onderdil Mobil

Kasus pencurian ban mobil seperti yang dialami Budi bukanlah hal yang baru. Dalam beberapa tahun terakhir, kasus serupa kerap terjadi mengincar berbagai jenis kendaraan, khususnya velg dan ban mobil mewah.

Modus operandi yang digunakan para pelaku biasanya terbilang cepat dan senyap. Mereka menggunakan peralatan khusus untuk melepas ban mobil dalam waktu singkat, sehingga meminimalisir risiko ketahuan.

Tips Mencegah Pencurian Ban Mobil:

  • Parkir di tempat yang aman dan terang: Cari lokasi parkir yang dilengkapi kamera pengawas atau penjaga keamanan.
  • Gunakan kunci pengaman tambahan: Terdapat berbagai jenis kunci pengaman tambahan khusus ban mobil yang dapat memberikan kesulitan bagi pelaku kejahatan.
  • Pilih lokasi parkir yang ramai: Hindari memarkir kendaraan di tempat sepi dan minim pengawasan untuk mengurangi kesempatan pelaku.
  • Laporkan ke kepolisian: Segera laporkan ke pihak kepolisian terdekat jika mendapati kendaraan Anda menjadi korban pencurian.