Berita  

Emak-emak Viral Minta Sedekah Paksa di Sukabumi dan Bogor Diamankan Satpol PP

Seorang perempuan paruh baya yang viral di media sosial karena aksinya meminta sedekah secara paksa di Sukabumi dan Bogor, Jawa Barat, akhirnya diamankan oleh Satpol PP dan Dinas Sosial (Dinsos) pada Minggu (28/4/2024).

Video yang memperlihatkan aksi sang emak-emak ini beredar di media sosial dan menuai kecaman dari warganet. Dalam video tersebut, sang emak-emak terlihat memaksa pengendara motor untuk memberikan uang sambil melontarkan kata-kata kasar.

Peristiwa ini berawal di Cibeureum, Kota Sukabumi, di mana sang emak-emak ini terekam kamera marah-marah dan memaksa warga untuk memberikannya uang. Video ini kemudian viral dan memicu keresahan di masyarakat.

Polsek Baros, Sukabumi Kota, kemudian turun tangan untuk menenangkan sang emak-emak dan membawanya ke tempat makan. Dari situ, diketahui bahwa wanita berinisial R (55) ini berasal dari Palembang dan mengaku tinggal di Cipatat, Kabupaten Bandung Barat.

Namun, R kembali membuat ulah dengan melakukan aksi serupa di Cianjur dan Bogor. Di Bogor, aksinya terekam kamera dan viral di media sosial, di mana ia terlihat cekcok dengan warga dan memaksa pengendara motor untuk memberikan uang.

Warga yang resah kemudian melaporkan kejadian ini ke Satpol PP dan Dinsos Kota Bogor. Petugas pun bergerak cepat dan berhasil mengamankan R di Jalan Raya Lawang Gintung.

Menurut Kasie Ops Satpol PP Kota Bogor, Surya Dharma, R sempat menolak untuk dibawa ke Dinsos. Namun, setelah dibujuk selama 45 menit, R akhirnya bersedia dan dibawa dengan truk Satpol PP.

Saat ini, R masih berada di Dinsos Kota Bogor untuk dimintai keterangan lebih lanjut. Dinsos juga akan melakukan pemeriksaan kejiwaan dan mendalami motif R dalam meminta sedekah secara paksa.

Kasus ini menimbulkan pertanyaan mengenai modus operandi R dalam meminta sedekah. Apakah ia benar-benar membutuhkan bantuan atau hanya ingin mencari sensasi dengan cara yang salah?

Terlepas dari motifnya, aksi R jelas telah meresahkan masyarakat dan melanggar norma sosial. Penting bagi masyarakat untuk lebih waspada dan tidak mudah memberikan uang kepada pengemis yang berperilaku tidak sopan.

Masyarakat juga dapat membantu dengan melaporkan kejadian serupa kepada pihak berwenang agar dapat ditindaklanjuti dengan tepat.

Pemerintah pun perlu mengambil langkah yang lebih tegas untuk mengatasi masalah pengemis, seperti dengan memberikan pelatihan dan pembinaan kepada mereka agar bisa hidup mandiri dan tidak lagi harus mengandalkan belas kasihan orang lain.