Berita  

Viral! Kilatan Meteor Berwarna Hijau Terlihat Jelas di Langit Jogja, Warga Sekitar Panik

Video yang memperlihatkan kilatan meteor berwarna hijau di langit Yogyakarta viral di media sosial. Video tersebut diunggah oleh akun Instagram @jogja.update pada hari Minggu (5/5/2024) dan telah ditonton lebih dari 10.000 kali.

Dalam video tersebut, terlihat kilatan meteor yang cukup besar dan berwarna hijau melintas di langit Yogyakarta. Kilatan tersebut terlihat jelas dan cukup lama, sehingga membuat warga sekitar panik.

Kejadian ini telah dikonfirmasi oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Menurut BRIN, fenomena tersebut cukup umum terjadi dan tidak membahayakan.

“Fenomena tersebut adalah meteor yang terbakar di atmosfer bumi. Meteor tersebut biasanya berukuran kecil dan tidak berbahaya bagi manusia,” kata Kepala Pusat Sains Antariksa BRIN, Dr. Thomas Djamaluddin.

Dr. Thomas Djamaluddin menjelaskan bahwa meteor berwarna hijau biasanya mengandung zat besi dan magnesium. Saat meteor tersebut terbakar di atmosfer bumi, zat-zat tersebut mengeluarkan cahaya berwarna hijau.

BRIN menghimbau kepada masyarakat untuk tidak panik jika melihat fenomena meteor. Fenomena tersebut merupakan hal yang biasa terjadi dan tidak membahayakan.

Berikut beberapa tips untuk mengamati meteor:

  • Pergi ke tempat yang gelap dan jauh dari polusi cahaya.
  • Gunakan teleskop atau binokuler untuk melihat meteor dengan lebih jelas.
  • Perhatikan langit dengan seksama.
  • Bersabarlah. Meteor tidak selalu muncul setiap malam.

Dengan mengikuti tips-tips tersebut, Anda dapat menikmati keindahan fenomena meteor dengan aman dan nyaman.