Berita  

Video Viral Adegan Mesum yang Terjadi di Pasar Inpres Sumedang, Ternyata Hanya Hoaks

Sebuah video yang menunjukkan adegan tak senonoh yang diklaim terjadi di Pasar Sumedang, Jawa Barat, baru-baru ini beredar di media sosial. Video tersebut menampilkan dua orang yang melakukan tindakan asusila di tengah keramaian pasar.

Video tersebut pun viral dan menuai kecaman dari banyak pihak. Masyarakat Sumedang merasa geram dengan tindakan tak senonoh tersebut dan meminta pihak berwenang untuk segera menindak tegas pelakunya.

Namun, setelah dilakukan penyelidikan oleh pihak kepolisian, ternyata video tersebut adalah hoaks. Video tersebut direkam di luar wilayah Sumedang dan sengaja disebarluaskan dengan tujuan untuk mencoreng nama baik Kabupaten Sumedang.

Polisi pun berhasil mengidentifikasi dan menangkap pelaku penyebaran video hoaks tersebut. Pelaku dijerat dengan Pasal 28 ayat (2) UU ITE tentang penyebaran informasi yang bertujuan untuk menipu publik.

Kasus ini menjadi pengingat bagi kita semua untuk berhati-hati dalam menyebarkan informasi di media sosial. Pastikan informasi yang kita sebarkan adalah benar dan tidak menyesatkan.

Berikut adalah beberapa tips untuk menghindari penyebaran hoaks di media sosial:

  • Cek sumber informasi: Pastikan informasi yang Anda dapatkan berasal dari sumber yang terpercaya.
  • Perhatikan judul dan isi berita: Judul dan isi berita yang sensasional biasanya adalah hoaks.
  • Cari informasi lebih lanjut: Jika Anda ragu dengan kebenaran suatu informasi, carilah informasi lebih lanjut dari sumber lain.
  • Laporkan hoaks: Jika Anda menemukan hoaks, laporkan kepada pihak yang berwenang.

Mari kita bersama-sama memerangi hoaks dan membangun budaya informasi yang sehat di media sosial.