Berita  

Kecelakaan Maut Bus Rombongan SMK Depok di Ciater Subang, Belasan Siswa Meninggal Dunia

Ciater, Subang – Kecelakaan maut menimpa bus pariwisata yang mengangkut rombongan SMK Lingga Kencana Depok di Jalan Raya Palasari, Desa Palasari, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat, pada Sabtu malam (11/5/2024). Kecelakaan ini mengakibatkan 11 orang meninggal dunia dan puluhan lainnya luka-luka.

Menurut informasi yang dihimpun, bus tersebut mengalami rem blong saat melaju di turunan jalan. Sopir bus berusaha mengendalikan kendaraan, namun bus oleng dan menabrak minibus serta beberapa motor yang sedang terparkir di bahu jalan.

“Diduga rem bus tidak berfungsi saat melintasi turunan, sehingga oleng ke kanan dan menabrak minibus,” ujar Kasat Lantas Polres Subang, AKBP Hardi Yahya, seperti dikutip dari media.

Para korban yang meninggal dunia maupun luka-luka telah dievakuasi ke rumah sakit terdekat. Tim Satlantas Polres Subang masih melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) untuk mengetahui penyebab pasti kecelakaan.

Kecelakaan ini menambah daftar panjang tragedi di jalan raya yang melibatkan kendaraan rombongan sekolah. Oleh karena itu, perlu dilakukan evaluasi menyeluruh terhadap kondisi kendaraan dan kelaikan para sopir yang membawa rombongan pelajar.

Berikut beberapa poin penting terkait kecelakaan maut ini:

  • Kronologi: Bus pariwisata yang mengangkut rombongan SMK Lingga Kencana Depok mengalami rem blong saat melaju di turunan di Jalan Raya Palasari, Ciater, Subang. Bus oleng ke kanan dan menabrak minibus serta beberapa motor yang sedang terparkir.
  • Korban: 11 orang meninggal dunia dan puluhan lainnya luka-luka.
  • Penyebab: Diduga rem bus tidak berfungsi.
  • Penanganan: Korban telah dievakuasi ke rumah sakit, dan tim Satlantas Polres Subang sedang melakukan olah TKP.
  • Imbauan: Perlu dilakukan evaluasi menyeluruh terhadap kondisi kendaraan dan kelaikan para sopir yang membawa rombongan pelajar.

Kecelakaan ini menjadi pengingat bagi kita semua untuk selalu berhati-hati saat berkendara, terutama saat membawa rombongan. Pastikan kondisi kendaraan dalam keadaan prima dan patuhi aturan lalu lintas.

Mari kita doakan agar para korban kecelakaan ini mendapatkan pertolongan terbaik dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan.