Berita  

Viral Anggota Babinsa di Depok Bantu Ibu-Ibu dari Debt Collector yang Mengancam, Ini Kronologinya

Sebuah video yang menunjukkan aksi heroik seorang anggota Babinsa di Depok saat membantu sekelompok ibu-ibu dari ancaman debt collector yang menebar ketakutan viral di media sosial. Video tersebut menuai banyak pujian dari netizen atas keberanian dan kepedulian sang Babinsa.

Kronologi Kejadian

Peristiwa ini terjadi pada Sabtu (29/6) di salah satu kompleks perumahan di Kelurahan Tanah Baru, Beji, Depok. Awalnya, sekelompok debt collector mendatangi kompleks tersebut untuk menagih hutang kepada salah satu warga. Namun, cara mereka menagih hutang tersebut dinilai tidak sopan dan bahkan menebar ketakutan kepada para ibu-ibu yang tinggal di kompleks tersebut.

Melihat situasi tersebut, Sertu Wawan Christiyanto, anggota Babinsa Koramil 02/Beji, Kodim 0508/Depok, yang sedang berpatroli di sekitar lokasi kejadian, langsung turun tangan untuk membantu.

Sertu Wawan dengan tegas menegur dan meminta para debt collector untuk meninggalkan kompleks perumahan tersebut. Ia juga mengingatkan para debt collector untuk menggunakan cara yang lebih sopan dan humanis dalam menagih hutang.

Sikap tegas dan berani Sertu Wawan berhasil membuat para debt collector pergi. Para ibu-ibu yang diselamatkan pun mengucapkan terima kasih atas bantuan Sertu Wawan.

Apresiasi dari Berbagai Pihak

Aksi heroik Sertu Wawan ini pun viral di media sosial dan mendapat banyak pujian dari netizen. Banyak yang mengapresiasi keberanian dan kepedulian Sertu Wawan dalam melindungi masyarakat.

Dandim 0508/Depok, Kolonel Inf Iman Widhiarto, juga memberikan apresiasi kepada Sertu Wawan atas tindakannya yang sigap dan berani. Ia mengatakan bahwa tindakan Sertu Wawan merupakan wujud nyata dari komitmen TNI untuk selalu membantu dan melindungi masyarakat.

Kasus Penipuan

Kolonel Inf Iman Widhiarto juga menjelaskan bahwa para ibu-ibu yang didatangi debt collector tersebut merupakan korban penipuan. Seseorang yang meminjam uang kepada mereka kemudian melarikan diri dan meninggalkan hutang.

Imbauan untuk Melapor

Dandim 0508/Depok menghimbau kepada masyarakat agar selalu berhati-hati dalam meminjamkan uang dan tidak mudah tergoda dengan tawaran yang menjanjikan keuntungan besar.

Jika masyarakat mengalami kejadian serupa, Dandim menghimbau agar segera melapor kepada pihak berwajib.

Pesan Moral

Kisah heroik Sertu Wawan ini menjadi pengingat bagi kita semua untuk selalu sigap dan berani membantu sesama yang membutuhkan. Kita juga harus selalu waspada terhadap modus penipuan yang marak terjadi.