Berita  

Viral Video Kebakaran Pesantren Caringin Sukabumi Disengaja, Ternyata Hoax!

Baru-baru ini, beredar sebuah video di media sosial yang menarasikan kebakaran di Pondok Pesantren Nurul Fajri Al-Habib Abdurrahman bin Ahmad Assegaf di Caringin, Sukabumi, Jawa Barat, yang dibakar oleh sekelompok orang tak dikenal. Video tersebut pun viral dan menimbulkan keresahan di masyarakat.

Klarifikasi dari Pihak Berwenang

Namun, kabar tersebut ternyata tidak benar dan telah dibantah oleh pihak berwenang. Kapolsek Caringin, AKP Hendra Kurniawan, menegaskan bahwa tidak ada peristiwa kebakaran di pesantren tersebut.

Kronologi Kejadian Sebenarnya

Pada Kamis (4/7/2024), memang terjadi kebakaran di Pondok Pesantren Rubhat Nurul Fajri, yang berlokasi di Kampung Limusnunggal, Desa Ciherang Pondok, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor. Kebakaran tersebut hanya menghanguskan satu lokal kamar santri dan tidak menimbulkan korban jiwa.

Motif di Balik Hoax

Hingga saat ini, belum diketahui motif di balik penyebaran video hoax tersebut. Pihak kepolisian masih terus menyelidiki kasus ini.

Imbauan untuk Berhati-hati Konsumsi Informasi

Masyarakat diimbau untuk berhati-hati dalam mengonsumsi informasi yang beredar di media sosial. Pastikan informasi yang diterima valid dan berasal dari sumber terpercaya.

Dampak Negatif Hoax

Penyebaran informasi hoax dapat menimbulkan keresahan di masyarakat dan mengganggu kondusifitas. Oleh karena itu, penting untuk tidak mudah percaya dengan informasi yang belum terverifikasi.

Ajakan untuk Melawan Hoax

Mari kita bersama-sama melawan hoax dengan tidak menyebarkan informasi yang belum terverifikasi dan melaporkan konten hoax kepada pihak berwenang.