Bisnis  

Bisnis Jastip Terus Membludak, Bisnis Ritel Besar Diprediksi Akan Bangkrut?

Indonesia – Bisnis jastip (jasa titip) semakin populer dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini terlihat dari banyaknya akun media sosial yang menawarkan jasa titip berbagai macam produk, mulai dari makanan, kosmetik, hingga fashion.

Kepopuleran bisnis jastip ini tidak lepas dari beberapa faktor, seperti:

  • Kemudahan akses internet: Kemudahan akses internet membuat orang-orang semakin mudah mencari informasi tentang produk-produk yang ingin mereka beli.
  • Keinginan untuk mendapatkan produk yang tidak tersedia di Indonesia: Banyak produk yang tidak tersedia di Indonesia, sehingga orang-orang menggunakan jasa titip untuk mendapatkan produk tersebut.
  • Harga yang lebih murah: Terkadang, harga produk yang dibeli melalui jasa titip lebih murah daripada harga produk di toko retail.

Dampak bisnis jastip terhadap bisnis ritel besar:

Kepopuleran bisnis jastip dikhawatirkan akan berdampak pada bisnis ritel besar. Hal ini dikarenakan orang-orang akan lebih memilih untuk membeli produk melalui jasa titip daripada membeli di toko retail.

Namun, beberapa ahli bisnis berpendapat bahwa dampaknya tidak akan terlalu signifikan. Hal ini dikarenakan masih ada banyak orang yang lebih memilih untuk membeli produk di toko retail karena beberapa alasan, seperti: