Bisnis  

Unilever Berencana Pisahkan Bisnis Es Krim, 7.500 Karyawan Diprediksi Akan Di-PHK

Raksasa consumer goods Unilever mengumumkan rencana untuk memisahkan unit bisnis es krimnya, yang menaungi merek-merek terkenal seperti Magnum, Ben & Jerry’s, dan Wall’s. Pemisahan ini bertujuan untuk meningkatkan fokus dan fleksibilitas kedua bisnis, es krim dan Unilever secara keseluruhan.

Namun, rencana ini juga diiringi dengan kabar pahit bagi para karyawan. Unilever memprediksikan bahwa sekitar 7.500 karyawannya di seluruh dunia akan terkena dampak dari pemisahan ini, dan kemungkinan akan diberhentikan.

Alasan Pemisahan

Unilever menjelaskan bahwa pemisahan ini dilakukan untuk beberapa alasan, antara lain:

  • Meningkatkan fokus: Unilever ingin agar unit bisnis es krim dapat fokus pada pertumbuhan dan strateginya sendiri.
  • Meningkatkan fleksibilitas: Pemisahan ini diharapkan dapat memberikan fleksibilitas yang lebih besar bagi kedua bisnis untuk beradaptasi dengan perubahan pasar dan konsumen.
  • Meningkatkan nilai pemegang saham: Unilever percaya bahwa pemisahan ini akan meningkatkan nilai bagi pemegang sahamnya dalam jangka panjang.

Dampak Pemisahan

Pemisahan unit bisnis es krim Unilever akan memiliki beberapa dampak, antara lain:

  • Pengurangan tenaga kerja: Sekitar 7.500 karyawan Unilever di seluruh dunia diprediksi akan terkena dampak dari pemisahan ini, dan kemungkinan akan diberhentikan.
  • Perubahan struktur organisasi: Unilever akan merestrukturisasi organisasinya untuk mengakomodasi pemisahan ini.
  • Perubahan strategi bisnis: Kedua bisnis, es krim dan Unilever secara keseluruhan, akan perlu mengembangkan strategi bisnis baru yang sesuai dengan struktur baru.

Masa Depan

Unilever belum mengumumkan secara detail bagaimana proses pemisahan ini akan dilakukan dan kapan akan selesai. Namun, perusahaan menyatakan bahwa mereka akan berkomitmen untuk membantu para karyawan yang terkena dampak dari pemisahan ini.

Pemisahan unit bisnis es krim Unilever merupakan langkah besar yang akan memiliki dampak signifikan bagi perusahaan dan para karyawannya. Masa depan kedua bisnis masih belum jelas, namun Unilever yakin bahwa pemisahan ini akan membawa manfaat bagi semua pihak dalam jangka panjang.

Pertanyaan yang Masih Terbuka

Masih banyak pertanyaan yang belum terjawab terkait dengan pemisahan unit bisnis es krim Unilever, antara lain: