Bisnis  

Pengertian dan Manfaat Menggunakan Sistem Balanced Scorecard Dalam Sebuah Perusahaan

Balanced Scorecard (BSC) adalah sebuah sistem manajemen kinerja yang digunakan untuk menerjemahkan visi dan strategi organisasi ke dalam tujuan dan ukuran kinerja yang terukur. BSC membantu organisasi untuk menyeimbangkan fokus antara tujuan keuangan dan tujuan non-keuangan, seperti kepuasan pelanggan, proses internal, dan pembelajaran dan pertumbuhan.

Manfaat menggunakan sistem Balanced Scorecard dalam sebuah perusahaan:

1. Meningkatkan Fokus dan Keselarasan Strategis

BSC membantu organisasi untuk fokus pada tujuan dan strategi yang paling penting. Dengan menerjemahkan visi dan strategi ke dalam tujuan dan ukuran kinerja yang terukur, BSC membantu semua orang dalam organisasi untuk memahami apa yang perlu mereka lakukan untuk mencapai kesuksesan.

2. Meningkatkan Komunikasi dan Kinerja Tim

BSC membantu meningkatkan komunikasi dan kinerja tim dengan menyediakan kerangka kerja untuk menyelaraskan tujuan dan aktivitas tim di seluruh organisasi. BSC membantu tim untuk memahami bagaimana pekerjaan mereka berkontribusi pada tujuan keseluruhan organisasi.

3. Meningkatkan Pengambilan Keputusan

BSC membantu organisasi untuk membuat keputusan yang lebih baik dengan menyediakan informasi yang tepat waktu dan relevan tentang kinerja organisasi. BSC membantu organisasi untuk mengidentifikasi area yang perlu diperbaiki dan untuk melacak kemajuan mereka dalam mencapai tujuan mereka.

4. Meningkatkan Motivasi dan Keterlibatan Karyawan

BSC membantu meningkatkan motivasi dan keterlibatan karyawan dengan memberikan umpan balik yang tepat waktu dan relevan tentang kinerja mereka. BSC membantu karyawan untuk memahami bagaimana pekerjaan mereka berkontribusi pada tujuan keseluruhan organisasi dan untuk melihat bagaimana kinerja mereka diukur.

5. Meningkatkan Akuntabilitas dan Transparansi

BSC membantu meningkatkan akuntabilitas dan transparansi dengan menyediakan informasi yang jelas dan ringkas tentang kinerja organisasi kepada para pemangku kepentingan. BSC membantu para pemangku kepentingan untuk memahami bagaimana organisasi menggunakan sumber dayanya dan untuk melihat bagaimana kinerja organisasi dibandingkan dengan organisasi lain.

Kesimpulan

Balanced Scorecard adalah alat yang berharga untuk membantu organisasi mencapai tujuan dan sasaran mereka. BSC membantu organisasi untuk fokus pada tujuan dan strategi yang paling penting, meningkatkan komunikasi dan kinerja tim, meningkatkan pengambilan keputusan, meningkatkan motivasi dan keterlibatan karyawan, dan meningkatkan akuntabilitas dan transparansi.