Diskusi KAHMI, Akbar Tanjung Kupas Sejarah Kelahiran Pancasila

Walikota Cilegon, Tb Iman Ariyadi bersama Rizal Mallarangeng, Akbar Tanjung dan Ade Komarudin dalam diskusi panel KAHMI di Jakarta, Jumat (2/6/2017)
BERITAKARYA.CO.ID, JAKARTA –¬†Diskusi Interaktif dan Buka Puasa Bersama KAHMI bertajuk Pancasila, Agama dan Negara yang digelar di Kantor Pusat Studi Hukum dan Pembangunan diawali dengan paparan tokoh senior di republik ini yakni Akbar Tanjung.
Pria yang biasa disapa Bang Akbar yang mendapat kesempatan pertama memaparkan materinya menyampaikan tentang proses awal lahirnya Pancasila. Mulai dari BPUPKI hingga penetapan Pancasila sebagai dasart negara.
Dalam paparan yang disampaikan sekitar 30 menit itu, Bang Akbar menegaskan bahwa Pancasila merupakan hasil kesepakatan para pendiri bangsa yang harus dijunjung tinggi.
Menurut Akbar, Pancasila sebagai dasar negara bisa dilihat dari berbagai prespektif. Dari Prespektif hukum misalnya, maka Pancasila adalah sumber dari segala sumber hukum.
Dari prespektif sosiokultural, makaPancasila mengakomodasi seluruh bangsa sehingga Pancasila bisa dijadikan sebagai platform sebagai bangsa.
“Dalam presperktif politik, posisi Pancasila juga sangat jelas. Bahwa Pancasila itu dalam dirinya mengandung nilai-nilai demokrasi,” kata Akbar Tanjung.

Iffan Gondrong

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *