Konsep Alun-alun Cantik Berpadu di Cilegon

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Cilegon Aziz Setia Ade saat  studi komparasi di Alun-alun Bandung bersama Pokja Wartawan Harian Cilegon (PWHC)/beritakarya.co.id
BERKARYA.CO.ID, BANDUNG – Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon akan menggabungkan beberapa konsep taman atau ruang terbuka hijau di beberapa daerah di Indonesia, untuk diaplikasikan ke Alun-alun Kota Cilegon yang tidak lama lagi akan dibangun.
Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Cilegon, Aziz Setia Ade.
“Konsep Alun-alun Kota Cilegon nanti akan disesuaikan dengan kebutuhan fasilitas yang akan ditampung. Utamanya, alun-alun merupakan sarana untuk melaksanakan upacara pemerintahan, namun nanti juga akan dibuatkan beberapa sarana penunjang bagi kebutuhan masyarakat,” kata Aziz dalam studi komparasi di Alun-alun Bandung bersama Pokja Wartawan Harian Cilegon (PWHC), Sabtu (25/2/2017) kemarin.
“Di alun-alun Kota Cilegon nanti akan dilengkapi dengan fasilitas pendukung, seperti taman, taman anak-anak, jogging track, theater terbuka, pusat perdagangan kuliner, arena komunitas dan pecinta lingkungan,” tambahnya menjelaskan.
Diakui Aziz, fasilitas yang akan diterapkan di Alun-alun Kota Cilegon memang menyerap beberapa konsep yang ada di beberapa daerah di Indonesia.Misalnya, gazibu di Bandung akan diambil konsepnya untuk taman di Alun-alun Cilegon, kemudian theater di Kadubanen, akan diterapkan juga untuk menyediakan sarana penggemar seni.
“Nah kalau untuk air mancurnya, kami mengadopsi dari Surabaya, Purwakarta, dan  Bone. Kami memang gabungkan dari beberapa daerah yang ada di Indonesia, jadi one stop service untuk masyarakat Cilegon untuk menikmati hari liburnya semua ada di Alun-alun Cilegon,” ujarnya.
Selain fasilitas fisik, lanjut Aziz,Pemkot Cilegon  juga akan menyematkan pendukung berupa akses internet menggunakan wifi, CCTV, serta colokan listrik. Dengan begitu, masyarakat dapat berlama-lama untuk menikmati keindahan Alun-alun Cilegon.
“Sekarang kan kita sudah memasuki era digital dan telekomunikasi, tentunya kami harus mendukung untuk menyiapkan hal tersebut. Kami nanti tempatkan beberapa titik untuk charger yang pasti itu untuk membantu masyarakat berkomunikasi, saat ada di Alun-alun,” pungkasnya.(K1)
Editor: Iffan Gondrong

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *