Mengenal Fungsi Lain dari Sabuk Pengaman, Bisa Digunakan Lebih dari yang Dibayangkan

Woman fastens a seat belt. Safe driving concept

Sabuk pengaman merupakan fitur keselamatan yang penting di dalam kendaraan. Fungsi utamanya adalah untuk melindungi penumpang dari cedera serius saat terjadi kecelakaan. Namun, tahukah Anda bahwa sabuk pengaman memiliki beberapa fungsi lain yang mungkin tidak Anda ketahui?

Berikut beberapa fungsi lain dari sabuk pengaman:

1. Mencegah Terlempar dari Kendaraan

Saat terjadi kecelakaan, sabuk pengaman dapat menahan penumpang agar tidak terlempar keluar dari kendaraan. Hal ini dapat membantu mencegah cedera serius atau bahkan kematian.

2. Menjaga Posisi Duduk

Sabuk pengaman dapat membantu menjaga posisi duduk penumpang saat terjadi pengereman mendadak atau saat kendaraan berbelok tajam. Hal ini dapat membantu mencegah penumpang terluka akibat terbentur ke bagian dalam kendaraan.

3. Mengurangi Risiko Cedera

Sabuk pengaman dapat membantu mengurangi risiko cedera serius pada bagian kepala, dada, dan perut saat terjadi kecelakaan. Hal ini karena sabuk pengaman akan menyebarkan gaya benturan ke seluruh tubuh, sehingga mengurangi risiko cedera pada satu bagian tubuh.

4. Membantu Menyelamatkan Nyawa

Penelitian menunjukkan bahwa sabuk pengaman dapat membantu menyelamatkan nyawa hingga 45%. Hal ini menunjukkan bahwa sabuk pengaman merupakan salah satu fitur keselamatan yang paling penting di dalam kendaraan.

5. Fungsi Lain yang Tidak Terduga

Selain fungsi-fungsi di atas, sabuk pengaman juga dapat digunakan untuk beberapa hal lain, seperti: