MotoGP Dikabarkan Akan Dijual dengan Harga 67 Triliun Rupiah, Pemilik Formula 1 Tertarik untuk Membelinya?

Kabar mengejutkan datang dari dunia balap MotoGP. Dorna Sports, selaku pemegang hak komersial MotoGP, dilaporkan sedang dalam proses penjualan. Nilai jualnya ditaksir mencapai 3,4 miliar poundsterling atau setara dengan 67 triliun rupiah.

Bridgepoint, perusahaan ekuitas swasta yang memiliki saham terbesar di Dorna, dikabarkan sedang dalam pembicaraan dengan beberapa calon pembeli. Salah satu kandidat terdepan adalah Liberty Media, pemilik Formula 1.

Liberty Media memiliki rekam jejak yang sukses dalam mengelola olahraga balap. Di bawah kepemimpinan Liberty Media, Formula 1 mengalami peningkatan popularitas dan pendapatan.

Jika Liberty Media benar-benar membeli MotoGP, beberapa perubahan besar mungkin terjadi. Salah satu kemungkinan adalah penyatuan MotoGP dengan Formula 1. Hal ini dapat menciptakan platform balap motor yang lebih besar dan lebih kuat.

Namun, masih ada beberapa pertanyaan yang belum terjawab. Salah satunya adalah apakah Liberty Media benar-benar tertarik untuk membeli MotoGP.

Berikut beberapa faktor yang dapat mempengaruhi keputusan Liberty Media:

  • Harga: 3,4 miliar poundsterling merupakan harga yang cukup tinggi. Liberty Media perlu mempertimbangkan apakah investasi ini akan menguntungkan.
  • Potensi pertumbuhan: MotoGP memiliki potensi untuk berkembang di pasar baru, seperti Asia dan Amerika Utara.
  • Persaingan: MotoGP memiliki pesaing, seperti World Superbike (WSBK). Liberty Media perlu mempertimbangkan bagaimana mereka akan bersaing dengan WSBK.

Keputusan Liberty Media untuk membeli MotoGP akan memiliki dampak besar pada masa depan balap motor.

Berikut beberapa kemungkinan dampaknya:

  • Peningkatan popularitas: MotoGP dapat menjadi lebih populer jika dikelola oleh Liberty Media.
  • Peningkatan pendapatan: Liberty Media dapat meningkatkan pendapatan MotoGP melalui berbagai cara, seperti sponsorship dan hak siaran.
  • Perubahan format: Liberty Media mungkin akan mengubah format MotoGP untuk membuatnya lebih menarik bagi penonton.
  • Persaingan dengan Formula 1: Jika MotoGP dan Formula 1 disatukan, hal ini dapat meningkatkan persaingan antara kedua olahraga tersebut.

Hanya waktu yang akan menjawab apakah Liberty Media akan membeli MotoGP.

Namun, satu hal yang pasti: penjualan MotoGP akan menjadi titik balik yang penting dalam sejarah balap motor.