Penjualan Mobil Anjlok, Rush-Terios Salip Honda BR-V Jadi LSUV Terlaris

Penjualan mobil di Indonesia mengalami penurunan signifikan pada tahun 2023. Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat penjualan mobil di Indonesia pada tahun 2023 hanya mencapai 800.000 unit, turun 15% dibandingkan tahun 2022.

Meskipun mengalami penurunan, segmen Low Sport Utility Vehicle (LSUV) masih menunjukkan performa yang cukup baik. Di tengah situasi yang lesu, duet Toyota Rush dan Daihatsu Terios berhasil menduduki posisi puncak sebagai LSUV terlaris di Indonesia pada tahun 2023.

Berikut adalah 5 LSUV terlaris di Indonesia pada tahun 2023:

  1. Toyota Rush: 39.340 unit
  2. Daihatsu Terios: 24.226 unit
  3. Honda BR-V: 18.195 unit
  4. Mitsubishi Xpander Cross: 18.104 unit
  5. Suzuki XL7: 15.813 unit

Faktor Keberhasilan Rush-Terios:

  • Harga Terjangkau: Rush dan Terios memiliki harga yang relatif terjangkau dibandingkan LSUV lainnya.
  • Jaringan Purna Jual Luas: Toyota dan Daihatsu memiliki jaringan purna jual yang luas di seluruh Indonesia, sehingga memudahkan konsumen untuk mendapatkan layanan servis dan suku cadang.
  • Performa Tangguh: Rush dan Terios terkenal dengan performanya yang tangguh dan handal, cocok untuk digunakan di berbagai kondisi jalan.
  • Kabin Luas dan Nyaman: Rush dan Terios memiliki kabin yang luas dan nyaman, sehingga cocok untuk digunakan sebagai mobil keluarga.

Kesimpulan:

Meskipun penjualan mobil di Indonesia mengalami penurunan, Rush dan Terios berhasil menunjukkan performa yang gemilang dan menjadi LSUV terlaris di Indonesia pada tahun 2023. Hal ini menunjukkan bahwa kedua model tersebut masih diminati oleh konsumen karena menawarkan kombinasi harga, performa, dan kenyamanan yang menarik.