Ini 5 Komponen Ban Mobil yang Wajib Diperiksa Secara Rutin

Ban mobil merupakan salah satu komponen terpenting dalam sebuah kendaraan. Ban yang baik dan terawat akan menjaga keselamatan dan kenyamanan berkendara. Oleh karena itu, penting untuk melakukan pemeriksaan ban secara rutin. Berikut adalah 5 komponen ban mobil yang wajib diperiksa secara rutin:

1. Tekanan angin ban: Tekanan angin ban yang tidak sesuai dapat menyebabkan ban mudah bocor, aus tidak merata, dan handling yang tidak stabil. Periksa tekanan angin ban secara rutin minimal seminggu sekali atau sebelum melakukan perjalanan jauh.

2. Keausan ban: Periksa keausan ban dengan melihat indikator keausan ban (TWI) yang terdapat di alur ban. Jika TWI sudah menyentuh permukaan jalan, maka ban harus segera diganti.

3. Kerusakan ban: Periksa ban apakah terdapat kerusakan seperti retak, benjolan, atau sobek. Jika terdapat kerusakan, maka ban harus segera diganti.

4. Keseragaman keausan ban: Periksa apakah keausan ban keempatnya merata. Jika keausan ban tidak merata, maka dapat menandakan adanya masalah pada sistem suspensi atau kaki-kaki mobil.

5. Keseimbangan ban: Periksa keseimbangan ban dengan cara diputar di mesin balancing. Ban yang tidak seimbang dapat menyebabkan getaran saat mobil melaju.

Tips: