Kehabisan Bensin di Tengah Jalan Tol? Jangan Panik, Lakukan Tips Ini!

Kehabisan bensin di tengah jalan tol bisa menjadi pengalaman yang menegangkan. Namun, jangan panik! Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan:

1. Menepilah ke Bahu Jalan

Segera nyalakan lampu hazard dan pindahkan mobil ke bahu jalan dengan aman. Pastikan mobil Anda berada di tempat yang jauh dari arus lalu lintas dan tidak membahayakan pengendara lain.

2. Hubungi Layanan Tol

Hubungi layanan call center pengelola jalan tol untuk mendapatkan bantuan. Biasanya, mereka menyediakan layanan pengisian bahan bakar darurat.

3. Manfaatkan Layanan Pengisian BBM

Beberapa operator jalan tol menyediakan layanan pengisian bahan bakar darurat. Anda bisa memesan layanan ini melalui call center atau aplikasi yang disediakan.

4. Hubungi Teman atau Keluarga

Jika Anda memiliki teman atau keluarga yang tinggal di dekat lokasi Anda, hubungi mereka untuk meminta bantuan mengantarkan bensin.

5. Gunakan Bensin Cadangan

Jika Anda memiliki bensin cadangan di dalam mobil, gunakan bensin tersebut untuk melanjutkan perjalanan.

6. Berjalan Kaki ke Rest Area

Jika Anda kehabisan bensin di dekat rest area, Anda bisa berjalan kaki untuk mencari bantuan. Biasanya di rest area terdapat SPBU atau toko yang menjual bensin eceran.

Tips Pencegahan:

  • Selalu Cek Indikator Bensin: Pastikan Anda selalu mengecek indikator bensin secara berkala dan mengisi bahan bakar sebelum mencapai batas minimum.
  • Siapkan Bensin Cadangan: Sebaiknya Anda selalu membawa bensin cadangan di dalam mobil untuk berjaga-jaga.
  • Pahami Rute Perjalanan: Pelajari rute perjalanan Anda dan perhatikan lokasi SPBU terdekat.

Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat mengatasi situasi kehabisan bensin di tengah jalan tol dengan lebih mudah dan aman.

Ingatlah untuk selalu berhati-hati dan waspada saat berkendara di jalan tol.