Deretan Jurusan Kuliah Terlangka di Indonesia yang Masih Jarang Diketahui

Pernahkah kamu mendengar tentang jurusan Kuliah Sastra Sunda, Teknologi Rekayasa Nuklir, atau Kriminologi? Jurusan-jurusan ini tergolong langka di Indonesia dan jarang diketahui oleh banyak orang.

Memilih jurusan kuliah merupakan keputusan penting yang menentukan masa depanmu. Jika kamu ingin menempuh pendidikan di jurusan yang unik dan memiliki prospek kerja yang menjanjikan, berikut deretan jurusan kuliah terlangka di Indonesia yang bisa kamu pertimbangkan:

1. Sastra Sunda (Universitas Padjadjaran)

Jurusan ini mempelajari bahasa, budaya, dan sastra Sunda secara mendalam. Lulusan Sastra Sunda memiliki peluang kerja sebagai peneliti bahasa, pengajar bahasa Sunda, penerjemah, atau budayawan.

2. Teknologi Rekayasa Nuklir (Universitas Gadjah Mada)

Jurusan ini mempelajari teknologi nuklir untuk berbagai aplikasi, seperti energi, kesehatan, dan industri. Lulusan Teknologi Rekayasa Nuklir memiliki peluang kerja di badan tenaga nuklir, rumah sakit, atau industri yang menggunakan teknologi nuklir.

3. Kriminologi (Universitas Indonesia)

Jurusan ini mempelajari berbagai aspek tentang kejahatan dan perilaku kriminal. Lulusan Kriminologi memiliki peluang kerja di bidang penegakan hukum, penelitian kriminal, atau rehabilitasi kriminal.

4. Ilmu Perpustakaan dan Informasi (Universitas Islam Indonesia)

Jurusan ini mempelajari pengelolaan informasi dan perpustakaan secara modern. Lulusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi memiliki peluang kerja sebagai pustakawan, pengelola informasi digital, atau konsultan informasi.

5. Arkeologi (Universitas Sumatera Utara)

Jurusan ini mempelajari sejarah dan budaya manusia melalui peninggalan-peninggalan arkeologi. Lulusan Arkeologi memiliki peluang kerja sebagai arkeolog, peneliti sejarah, atau kurator museum.

6. Sastra Jepang (Universitas Indonesia)

Jurusan ini mempelajari bahasa, budaya, dan sastra Jepang secara mendalam. Lulusan Sastra Jepang memiliki peluang kerja sebagai penerjemah, pengajar bahasa Jepang, atau staf di perusahaan Jepang.

7. Teknik Pertambangan (Institut Teknologi Bandung)

Jurusan ini mempelajari teknik penggalian dan pengolahan bahan tambang. Lulusan Teknik Pertambangan memiliki peluang kerja di perusahaan tambang, konsultan pertambangan, atau pengajar di bidang pertambangan.

8. Ilmu Aktuaria (Universitas Bina Nusantara)

Jurusan ini mempelajari ilmu tentang risiko dan ketidakpastian dalam berbagai bidang, seperti keuangan, asuransi, dan kesehatan. Lulusan Ilmu Aktuaria memiliki peluang kerja sebagai aktuaris, konsultan risiko, atau analis keuangan.

9. Teknik Fisika (Universitas Indonesia)

Jurusan ini mempelajari penerapan prinsip-prinsip fisika dalam teknologi dan engineering. Lulusan Teknik Fisika memiliki peluang kerja di bidang penelitian fisika, pengembangan teknologi, atau industri yang menggunakan teknologi fisika.

10. Sastra Inggris (Universitas Negeri Semarang)

Jurusan ini mempelajari bahasa, budaya, dan sastra Inggris secara mendalam. Lulusan Sastra Inggris memiliki peluang kerja sebagai pengajar bahasa Inggris, penerjemah, atau staf di perusahaan internasional.

Deretan jurusan di atas hanyalah contoh kecil dari jurusan-jurusan langka yang ada di Indonesia. Masih banyak jurusan lain yang bisa kamu temukan dengan melakukan riset dan eksplorasi lebih lanjut.

Tips Memilih Jurusan Kuliah Langka: