Langkah Pertama yang Harus dilakukan Dalam Menyusun Sebuah Rubrik

Beritakarya.id – Bagi Anda yang berkecimpung di dunia pendidikan, penilaian rubrik bukanlah hal asing.

Namun, dari sekian banyak metode penilaian, menyusun sebuah rubrik menawarkan keunggulan dalam hal objektivitas dan transparansi.

Tapi, bagaimana sebenarnya cara menyusun rubrik yang efektif dan sesuai kebutuhan?

Rubrik pada dasarnya adalah alat bantu penilaian yang berisi kriteria dan deskripsi tingkat penguasaan tertentu.

Kriteria-kriteria ini disusun berdasarkan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang ingin dicapai.

Dengan menggunakan rubrik, penilaian tidak lagi hanya berdasar “feeling” atau kesan subjektif, melainkan terarah dan sesuai standar yang jelas.

Manfaat Menyusun Rubrik:

  • Penilaian Objektif: Kriteria yang terukur dan deskripsi yang jelas meminimalisir bias dan ketidakkonsistenan dalam penilaian.
  • Transparansi: Siswa dan peserta penilaian memahami ekspektasi dan apa yang harus dilakukan untuk mencapai tingkat tertentu.
  • Peningkatan Kualitas Pembelajaran: Siswa menjadi lebih terarah dalam belajar karena mengetahui target yang harus dicapai.
  • Feedback yang Efektif: Rubrik dapat digunakan untuk memberikan feedback yang jelas dan terstruktur kepada peserta penilaian.

Langkah-Langkah Menyusun Rubrik:

  1. Tetapkan Tujuan Pembelajaran: Apa yang ingin dicapai dari tugas atau aktivitas yang akan dinilai? Pastikan kriteria rubrik relevan dengan tujuan tersebut.
  2. Identifikasi Kriteria Penilaian: Tentukan aspek-aspek penting yang akan dinilai, misalnya konten, kreativitas, struktur, atau penggunaan bahasa.
  3. Buat Tingkatan Kinerja: Kategorikan kriteria ke dalam tingkatan penguasaan, misalnya “Unggul,” “Memadai,” “Perlu Peningkatan,” dan “Belum Tercapai.”
  4. Deskripsikan Setiap Tingkatan: Jelaskan secara rinci dan objektif seperti apa kinerja pada masing-masing tingkatan penguasaan.
  5. Uji Coba dan Revisi: Minta rekan atau ahli untuk melihat rubrik dan berikan masukan untuk perbaikan.

Tips Sukses Menyusun Rubrik:

  • Gunakan bahasa yang jelas dan mudah dipahami.
  • Fokus pada aspek yang dapat diamati dan diukur.
  • Hindari penggunaan istilah-istilah subjektif atau ambigu.
  • Pastikan bobot setiap kriteria sesuai dengan kepentingannya.
  • Sesuaikan rubrik dengan tingkat peserta penilaian dan jenis tugas.

Menyusun sebuah rubrik mungkin terdengar rumit, tapi dengan persiapan dan pemahaman yang baik, Anda bisa memanfaatkannya untuk meningkatkan kualitas penilaian.

Tidak hanya di bidang pendidikan, rubrik juga dapat diterapkan dalam berbagai konteks, seperti pelatihan, presentasi bisnis, atau bahkan kompetisi.

Jadi, tunggu apa lagi? Ambil pena dan kertas, atau manfaatkan aplikasi pembuat rubrik, dan ciptakan penilaian yang objektif, efektif, dan bermanfaat!***