Bahaya Mengancam Ketika Bayi atau Balita Dipakaikan Perhiasan

Beritakarya.id – Setiap orangtua, pastinya menginginkan penampilan si Kecil menarik dan menggemaskan.

Salah satu cara yang ditempuh oleh sebagian orangtua adalah dengan memakaikan bayi perhiasan, terutama pada bayi perempuan.

Meskipun berniat baik, namun kebiasaan orangtua yang satu ini perlu diperhatikan lagi, terlebih jika memiliki bayi yang sedang tumbuh gigi.

Mengenakan perhiasan pada bayi bukan hanya perkara bisa mengundang kejahatan, melainkan bisa membahayakan kesehatan bahkan mengancam nyawa. Berikut beberapa bahaya penggunaan perhiasan pada bayi dan balita.

Tersedak

Seperti yang kita ketahui, bayi seringkali memasukkan semua benda ke dalam mulutnya. Begitupun dengan gelang dan kalung, benda-benda tersebut bisa saja pecah dan melepaskan batu permata kecil atau manik-manik yang dapat membuat anak-anak tersedak.

Tak hanya gelang, anting juga dapat menimbulkan risiko tersedak. Pasalnya, bayi dan balita yang lebih besar kadang-kadang bisa melepasnya dan memasukkannya ke mulut.

Tercekik

Kalung dapat dengan mudah mencekik anak saat mereka tidur. Bahkan jika Mama mengenakan kalung atau gelang pada anak saat ia bangun.

Pita, tali, atau klip pengait yang ditambatkan bisa saja membahayakannya dan mengancam nyawanya kapanpun.

Oleh karena itu, akan lebih baik jika Mama tidak mengenakan perhiasan pada bayi dan balita terlebih dahulu. Tunggulah sampai ia benar-benar dewasa bisa menjaga dirinya sendiri.

Keracunan timbal

Keracunan timbal adalah kondisi serius yang dapat menyebabkan iritasi, keterlambatan perkembangan, ketidakmampuan belajar, kejang, kelelahan, dan penurunan berat badan.

Laporan seperti pernah diadukan ke Centers for Disease Control and Prevention (CDC), beberapa anak dilaporkan menderita keracunan timbal karena terpapar perhiasan yang mengandung timah.

Dalam kejadian khusus ini, anak tersebut ditemukan memiliki kadar timbal dalam darahnya delapan kali dari batas normal atas, dan penyebabnya adalah gelang penyembuhan dari magnet yang ia kenakan untuk membantunya tumbuh gigi.

Gelang ini dibeli dari pameran kerajinan. Meskipun anak itu hanya memakainya secara berkala, namun tetap saja ia menderita keracunan timbal.

Nah, itulah beberapa bahaya yang dapat terjadi ketika orangtua memasangkan perhiasan pada bayi atau balita. Selain sudah banyak memakan korban, FDA pun sudah resmi melarangnya.

Maka dari itu, hentikan penggunaan perhiasan pada bayi dan balita mulai dari sekarang ya, Ma!