Begini Cara Pindah Faskes BPJS Kesehatan dengan Proses yang Mudah dan Cepat

Pindah fasilitas kesehatan (faskes) BPJS Kesehatan mungkin menjadi kebutuhan jika kamu pindah tempat tinggal atau merasa tidak puas dengan layanan di faskes yang sekarang. Proses pindah faskes ini sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah dan cepat jika kamu mengikuti langkah-langkah yang tepat. Berikut ini adalah panduan lengkap untuk membantu kamu pindah faskes BPJS Kesehatan dengan lancar.

Persiapan Sebelum Pindah Faskes

1. Pastikan Alasan Pindah Faskes Valid

BPJS Kesehatan mengizinkan peserta untuk pindah faskes dengan alasan yang valid seperti pindah tempat tinggal, faskes terlalu jauh, atau tidak puas dengan layanan. Pastikan alasan kamu jelas dan bisa diterima.

2. Cek Syarat dan Ketentuan

Sebelum mengajukan pindah faskes, pastikan kamu memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku, seperti:

  • Minimal sudah terdaftar di faskes saat ini selama tiga bulan.
  • Tidak sedang dalam masa perawatan atau pengobatan di faskes yang ingin ditinggalkan.

3. Tentukan Faskes Tujuan

Cari tahu faskes tujuan yang ingin kamu pilih. Pastikan faskes tersebut terdaftar dan bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Kamu bisa mengeceknya melalui situs resmi BPJS Kesehatan atau aplikasi mobile JKN.

Cara Pindah Faskes BPJS Kesehatan

1. Menggunakan Aplikasi Mobile JKN

Aplikasi Mobile JKN memudahkan proses pindah faskes secara online tanpa perlu datang ke kantor BPJS. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Download Aplikasi Mobile JKN: Unduh dan instal aplikasi Mobile JKN dari Google Play Store atau Apple App Store.
  2. Login atau Daftar Akun: Masuk dengan akun yang sudah terdaftar. Jika belum punya akun, daftar terlebih dahulu menggunakan nomor kartu BPJS dan NIK.
  3. Pilih Menu ‘Ubah Data Peserta’: Di halaman utama, pilih menu ‘Ubah Data Peserta’.
  4. Pilih ‘Pindah Faskes’: Pilih opsi untuk pindah faskes dan masukkan faskes tujuan yang diinginkan.
  5. Konfirmasi dan Simpan: Periksa kembali data yang dimasukkan, lalu konfirmasi dan simpan perubahan.

2. Mengunjungi Kantor BPJS Kesehatan

Jika kamu lebih nyaman melakukan proses secara langsung, kamu bisa mengunjungi kantor BPJS Kesehatan terdekat. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Siapkan Dokumen Pendukung: Siapkan dokumen yang diperlukan seperti KTP, Kartu BPJS Kesehatan, dan dokumen pendukung lainnya (misalnya surat pindah domisili jika alasan pindah faskes adalah pindah tempat tinggal).
  2. Kunjungi Kantor BPJS Kesehatan: Datang ke kantor BPJS Kesehatan terdekat dengan membawa dokumen pendukung.
  3. Isi Formulir Perubahan Data: Minta formulir perubahan data peserta dan isi dengan lengkap.
  4. Serahkan Formulir dan Dokumen: Serahkan formulir beserta dokumen pendukung kepada petugas BPJS.
  5. Tunggu Proses Verifikasi: Tunggu proses verifikasi dan persetujuan dari petugas BPJS. Biasanya, proses ini memakan waktu beberapa hari kerja.

Tips Agar Proses Pindah Faskes Berjalan Lancar

1. Cek Ketersediaan Faskes Tujuan

Sebelum mengajukan pindah, pastikan faskes tujuan memiliki kapasitas untuk menerima peserta baru. Kamu bisa menanyakannya langsung ke faskes atau memeriksanya melalui aplikasi JKN.

2. Catat Tanggal Penting

Catat tanggal pengajuan dan estimasi waktu perubahan faskes efektif. Biasanya, perubahan faskes akan efektif pada bulan berikutnya jika diajukan sebelum tanggal 20.

3. Siapkan Semua Dokumen

Pastikan semua dokumen yang diperlukan lengkap dan siap sebelum mengajukan pindah faskes untuk menghindari penundaan proses.

Kesimpulan

Pindah faskes BPJS Kesehatan bisa dilakukan dengan mudah dan cepat jika kamu mengikuti langkah-langkah yang tepat. Kamu bisa memilih untuk melakukan proses secara online melalui aplikasi Mobile JKN atau langsung ke kantor BPJS Kesehatan terdekat. Pastikan kamu memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku serta menyiapkan dokumen pendukung yang diperlukan. Dengan persiapan yang baik, kamu bisa menikmati layanan kesehatan di faskes yang lebih sesuai dengan kebutuhanmu. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

4o