Cara Jitu Mencuci Baju Putih Agar Tetap Bersih dan Tidak Kusam

Siapa yang nggak pengen punya baju putih yang selalu tampak bersih dan cerah? Tapi seringkali, baju putih cepat sekali berubah warna jadi kusam dan nggak enak dipandang. Nah, berikut ini ada beberapa cara jitu supaya baju putih kamu tetap kinclong. Simak, yuk!

Pemisahan Baju

Pisahkan Baju Putih dari Baju Berwarna

Pertama-tama, sebelum mencuci, pastikan kamu memisahkan baju putih dari baju berwarna. Ini penting banget karena baju berwarna bisa luntur dan bikin baju putih jadi kusam. Selain itu, baju putih juga lebih cepat kotor kalau dicampur dengan baju lain yang berwarna.

Pisahkan Berdasarkan Tingkat Kekotoran

Selain memisahkan berdasarkan warna, ada baiknya kamu juga memisahkan baju putih berdasarkan tingkat kekotorannya. Baju putih yang sangat kotor, misalnya karena noda makanan atau lumpur, sebaiknya dicuci terpisah dari baju putih yang hanya sedikit kotor.

Pemilihan Deterjen yang Tepat

Gunakan Deterjen Khusus Baju Putih

Untuk hasil yang maksimal, pilih deterjen yang khusus diformulasikan untuk baju putih. Deterjen ini biasanya mengandung bahan-bahan yang bisa membantu memutihkan dan menghilangkan noda lebih efektif.

Hindari Deterjen yang Mengandung Pemutih Berlebihan

Terlalu banyak pemutih bisa merusak serat kain dan membuat baju putih jadi mudah rusak. Pilih deterjen dengan kandungan pemutih yang sesuai agar baju putih kamu tetap awet dan tidak cepat rusak.

Rendam Baju

Rendam dengan Air Dingin

Merendam baju putih dengan air dingin sebelum dicuci bisa membantu mengangkat noda-noda yang membandel. Rendam selama 30 menit sampai satu jam sebelum dicuci dengan deterjen.

Tambahkan Sedikit Cuka

Untuk hasil yang lebih maksimal, kamu bisa menambahkan sedikit cuka ke dalam air rendaman. Cuka bisa membantu menghilangkan noda dan bau tak sedap pada baju putih.

Gunakan Pemutih

Pemutih Cair

Kalau baju putih kamu punya noda yang susah hilang, gunakan pemutih cair. Tapi ingat, jangan terlalu sering menggunakan pemutih karena bisa merusak serat kain. Gunakan secukupnya sesuai dengan petunjuk yang tertera di kemasan.

Pemutih Alami

Kalau kamu lebih suka cara yang alami, bisa coba menggunakan bahan-bahan seperti lemon atau baking soda. Caranya, campurkan jus lemon atau baking soda ke dalam air cucian, rendam sebentar, lalu cuci seperti biasa.

Perawatan Secara Berkala

Jemur di Tempat yang Terkena Sinar Matahari

Setelah dicuci, jemur baju putih di tempat yang terkena sinar matahari langsung. Sinar matahari bisa membantu memutihkan baju secara alami dan menghilangkan bakteri yang mungkin masih menempel.

Setrika dengan Suhu yang Tepat

Setelah kering, setrika baju putih dengan suhu yang tepat. Jangan terlalu panas karena bisa merusak kain. Setrika dengan suhu sedang agar baju tetap rapi dan awet.

Kesimpulan

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, baju putih kamu bisa tetap bersih dan cerah seperti baru. Kuncinya adalah pemisahan yang tepat, pemilihan deterjen yang sesuai, perendaman sebelum mencuci, penggunaan pemutih yang bijak, dan perawatan secara berkala. Selamat mencoba dan semoga baju putih kamu selalu tampak fresh!