7 Kapal Karam Bersejarah yang Tak Pernah Diangkat dari Dasar Laut

Sejarah maritim dipenuhi dengan kisah kapal-kapal yang tenggelam di lautan, meninggalkan harta dan misteri di dasar laut. Beberapa dari kapal-kapal ini tetap menjadi saksi bisu dari peristiwa bersejarah yang terjadi ratusan bahkan ribuan tahun yang lalu. Berikut adalah tujuh kapal karam bersejarah yang tak pernah diangkat dari dasar laut, tetapi tetap menarik minat para peneliti dan penggemar sejarah.

1. RMS Titanic

RMS Titanic, kapal penumpang Inggris yang terkenal, tenggelam pada pelayaran perdananya pada tahun 1912 setelah menabrak gunung es di Samudra Atlantik Utara. Lokasi bangkai kapal ini ditemukan pada tahun 1985 di kedalaman sekitar 3.800 meter. Meskipun banyak artefak telah diangkat, badan kapal itu sendiri tetap berada di dasar laut, terjaga oleh dinginnya perairan.

2. HMS Victory

HMS Victory adalah kapal perang Inggris yang terkenal karena perannya dalam Pertempuran Trafalgar pada tahun 1805. Kapal ini tenggelam pada tahun 1744 di Selat Inggris. Bangkai kapal ini ditemukan pada tahun 2008, tetapi tetap berada di dasar laut dengan banyak harta karun bersejarah yang masih terkubur di dalamnya.

3. Vasa

Kapal perang Swedia, Vasa, tenggelam pada pelayaran perdananya pada tahun 1628 di pelabuhan Stockholm. Meskipun sebagian besar kapal ini telah diangkat dan dipamerkan di Museum Vasa, sisa-sisa kapal yang lebih kecil dan beberapa bagian lainnya tetap berada di dasar laut, menjadi tempat penelitian arkeologi bawah laut yang berkelanjutan.

4. SS Thistlegorm

SS Thistlegorm adalah kapal kargo Inggris yang tenggelam di Laut Merah pada tahun 1941 akibat serangan udara Jerman selama Perang Dunia II. Kapal ini membawa muatan besar perlengkapan militer, termasuk kendaraan dan senjata. Lokasi bangkai kapal ini menjadi situs penyelaman populer, tetapi bangkai kapal itu sendiri tetap tak terangkat dari dasar laut.

5. Mary Rose

Mary Rose adalah kapal perang Inggris yang tenggelam pada tahun 1545 selama Pertempuran Solent. Sebagian besar kapal ini telah diangkat dan dipamerkan di Museum Mary Rose di Portsmouth, Inggris. Namun, sebagian dari bangkai kapal masih tertinggal di dasar laut, melindungi rahasia sejarah yang belum terungkap.

6. Andrea Doria

Andrea Doria adalah kapal penumpang Italia yang tenggelam setelah bertabrakan dengan kapal Stockholm pada tahun 1956 di lepas pantai Nantucket, Massachusetts. Meskipun beberapa bagian kapal telah diangkat, bangkai kapal yang besar tetap berada di dasar laut, menjadi tantangan bagi penyelam yang berani menjelajahinya.

7. USS Arizona

USS Arizona adalah kapal perang Amerika yang tenggelam selama serangan di Pearl Harbor pada tahun 1941. Bangkai kapal ini tetap berada di dasar pelabuhan sebagai monumen peringatan bagi mereka yang gugur dalam serangan tersebut. Lokasi ini menjadi situs sejarah yang dilindungi dan tidak akan pernah diangkat.

Penutup

Kapal-kapal karam ini tidak hanya menyimpan harta karun berharga, tetapi juga merupakan kapsul waktu yang menawarkan wawasan berharga tentang masa lalu. Dengan membiarkan bangkai kapal tetap berada di dasar laut, kita menjaga integritas sejarah dan menghormati mereka yang terlibat dalam peristiwa-peristiwa penting ini. Penelitian dan eksplorasi terus-menerus akan membantu kita mengungkap lebih banyak lagi cerita tersembunyi dari dasar laut yang misterius.