PSSI Yakin Ajang Pra Piala Presiden 2017 Berjalan Lancar

Djoko Driyono/Net

BERKARYA.CO.ID – Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) meyakini ajang pramusim Piala Presiden 2017, yang bergulir pada 4 Februari 2017, akan berjalan dengan lancar.

Wakil Ketua Umum PSSI Djoko Driyono menyatakan, pihak panitia pelaksana atau organizing committee PSSI terus mempersiapkan yang terbaik demi mulusnya kompetisi yang diikuti 20 klub tersebut, termasuk mengurus persyaratan administrasi ke BOPI. ‚ÄúTidak ada kendala,” kata Djoko, Jumat (27/1).

Piala Presiden 2017 sendiri dipastikan berjalan pada Sabtu 4 Februari 2017 dengan sepak mula (kick off) dilakukan di Stadion Maguwaharjo, Sleman. Sementara, pertandingan final akan dilaksanakan di stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor. Tanggal pelaksanaan laga pamungkas ini diperkirakan pada 12 Maret atau 19 Maret 2017.

Terkait peraturan, PSSI menetapkan di Piala Presiden 2017 setiap tim diperbolehkan menggunakan jasa lebih dari tiga pemain asing. Namun, di atas lapangan, klub harus mematuhi regulasi dua plus satu, atau dua pemain asing non-Asia dan satu pemain Asia. Regulasi ini sendiri sempat menjadi perdebatan karena ada penolakan dari beberapa klub.

Beberapa klub menilai, aturan dua plus satu untuk pemain asing, yang diterapkan di Liga Indonesia nantinya, jika dipraktikkan di Piala Presiden akan menghambat proses seleksi pemain yang akan dimainkan di liga.

Adapun, aturan lainnya relatif sama dengan kebijakan yang akan berlaku di Liga Indonesia yang bergulir pada 26 Maret 2017, yaitu mengontrak setidaknya lima pemain U-23 dan memainkan tiga diantaranya serta pembatasan usia maksimal 35 tahun.

Piala Presiden 2017 sendiri diikuti 20 klub, di mana 18 klub merupakan peserta ISL dan dua klub lainnya adalah juara serta peringkat kedua Indonesia Soccer Championship (ISC) B.

Tim-tim tersebut bergabung dalam lima grup, yang akan bermain di lima stadion berbeda yang ditunjuk sebagai tuan rumah yaitu Stadion Maguwaharjo, Sleman; Stadion Kanjuruhan, Malang; Stadion Jalak Harupat, Bandung; Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali; dan Stadion Gelora Bangkalan, Madura.

Babak delapan besar dan final akan digelar dalam pertandingan tunggal (single match) dengan tempat penyelenggaraan ditentukan kemudian, sementara babak semifinal ditandingkan dalam format kandang-tandang.

Juara Piala Presiden 2017 nantinya menerima hadiah sebesar Rp3 miliar, peringkat kedua mendapat Rp2 miliar, peringkat ketiga Rp1 miliar, dan peringkat keempat Rp500 juta.

Sumber : Antara/Republika.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *