Inilah 8 Kebiasaan yang Membuat Baterai Ponsel Menjadi Cepat Terkuras Habis

Pernahkah Anda merasa baterai ponsel Anda cepat terkuras habis? Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa kebiasaan yang Anda lakukan tanpa disadari. Berikut 8 kebiasaan yang membuat baterai ponsel menjadi cepat terkuras habis:

1. Sering Menyalakan Layar Ponsel

Kebiasaan sering menyalakan layar ponsel untuk melihat notifikasi atau sekadar mengecek waktu dapat menguras baterai dengan cepat. Sebaiknya atur waktu layar yang lebih singkat atau matikan fitur notifikasi untuk aplikasi yang tidak penting.

2. Menjalankan Banyak Aplikasi di Latar Belakang

Banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang dapat menguras baterai tanpa disadari. Tutup aplikasi yang tidak digunakan dengan menekan tombol “Recent Apps” dan swipe aplikasi ke atas.

3. Mengatur Kecerahan Layar Terlalu Tinggi

Kecerahan layar yang tinggi memang membuat tampilan lebih jelas, tetapi juga menguras baterai lebih cepat. Aturlah kecerahan layar sesuai dengan kebutuhan. Gunakan mode otomatis untuk menyesuaikan kecerahan layar dengan kondisi pencahayaan sekitar.

4. Terlalu Sering Mengisi Daya Ponsel

Kebiasaan mengisi daya baterai ponsel terlalu sering, meskipun belum terkuras habis, dapat memperpendek usia baterai. Sebaiknya isi daya baterai ketika sudah mencapai 20% – 80%.

5. Menggunakan Charger yang Tidak Original

Penggunaan charger yang tidak original dengan kualitas rendah dapat merusak baterai dan membuatnya cepat terkuras. Gunakan charger original atau charger yang kompatibel dengan perangkat Anda.

6. Bermain Game Berat dalam Waktu Lama

Bermain game berat dalam waktu lama dapat membuat baterai cepat panas dan terkuras. Sebaiknya istirahatkan ponsel Anda setelah beberapa waktu bermain game.

7. Mengaktifkan Fitur yang Tidak Digunakan

Fitur-fitur seperti GPS, Bluetooth, dan Wi-Fi dapat menguras baterai jika tidak digunakan. Matikan fitur-fitur tersebut when not needed.

8. Membiarkan Ponsel Terpapar Suhu Ekstrim

Suhu ekstrim, baik panas maupun dingin, dapat merusak baterai dan membuatnya cepat terkuras. Hindari membiarkan ponsel Anda terpapar suhu ekstrim dalam waktu lama.

Kesimpulan:

Dengan menghindari kebiasaan-kebiasaan di atas, Anda dapat memperpanjang usia baterai ponsel dan membuatnya lebih tahan lama. Ingatlah, baterai merupakan salah satu komponen penting dalam ponsel. Rawatlah baterai Anda dengan baik agar performanya tetap optimal.

Tips: