TelkomGroup Jamin Kualitas Jaringan Tetap Stabil Selama Ramadan & Idul Fitri - Beritakarya.id

TelkomGroup Jamin Kualitas Jaringan Tetap Stabil Selama Ramadan & Idul Fitri

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menegaskan kesiapan infrastruktur serta layanan telekomunikasi digitalnya agar tetap optimal selama bulan suci Ramadan dan perayaan Idul Fitri. Sejumlah langkah strategis telah disiapkan untuk menjamin kelancaran konektivitas bagi masyarakat.

Upaya yang dilakukan TelkomGroup meliputi peningkatan kualitas jaringan dan layanan digital, optimalisasi sumber daya manusia, hingga program sosial sebagai bentuk kepedulian perusahaan terhadap masyarakat. Seluruh inisiatif ini selaras dengan visi Asta Cita pemerintah dalam mewujudkan inklusivitas digital, mempercepat transformasi teknologi, serta memperkuat sektor ekonomi berbasis digital di Indonesia.

Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah, menyoroti pentingnya momen Ramadan dan Idul Fitri sebagai periode dengan lonjakan kebutuhan komunikasi. Masyarakat memanfaatkan internet untuk berbagai aktivitas seperti bersilaturahmi secara daring, menikmati konten hiburan digital, serta melakukan transaksi elektronik.

“Untuk itu, kami berkomitmen penuh untuk menjaga kualitas layanan prima dengan memastikan jaringan yang optimal, kapasitas yang memadai, serta menghadirkan pengalaman digital terbaik bagi seluruh masyarakat Indonesia agar dapat menjalani momen istimewa ini dengan lancar dan nyaman,” ujar Ririek dalam keterangan tertulis, Selasa (18/3/2025).

Pada tahun ini, TelkomGroup telah meningkatkan kesiapan infrastruktur dan perangkat teknologi informasi, termasuk jalur trafik internasional melalui gateway Batam dan Manado. Selain itu, 14 sistem kabel bawah laut Telkom disiapkan agar tetap berfungsi dengan redundansi yang maksimal.

Selama periode Ramadan dan Idul Fitri 2025, diperkirakan terjadi peningkatan lalu lintas data hingga 20,35 Terabit per detik (Tbps), mengalami kenaikan sebesar 28% dibandingkan tahun sebelumnya. Untuk mengantisipasi lonjakan tersebut, kapasitas jaringan ditingkatkan hingga 58,4 Tbps atau naik 11% dibandingkan tahun lalu.

Ririek menekankan bahwa Ramadan dan Idul Fitri adalah kesempatan berharga bagi masyarakat untuk mempererat hubungan dan berbagi kebersamaan. Oleh karena itu, TelkomGroup berupaya memastikan layanan telekomunikasi tetap berjalan lancar demi kenyamanan aktivitas digital pengguna.

“Serta mewakili keluarga besar TelkomGroup, kami mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa, semoga kita semua diberikan kesehatan. Bagi yang mudik, utamakan keselamatan agar perjalanan menuju kampung halaman lancar dan penuh kebahagiaan. Tidak lupa kami ucapkan Selamat Hari Raya Idulfitri, Mohon maaf lahir dan batin, semoga di hari kemenangan nanti dapat membawa keberkahan bagi kita semua,” tutur Ririek.

Pada kesempatan terpisah, Direktur Utama Telkomsel, Nugroho, menegaskan bahwa Telkomsel sebagai bagian dari TelkomGroup siap memberikan dukungan penuh dalam memastikan infrastruktur dan layanan telekomunikasi tetap optimal sepanjang Ramadan dan Idul Fitri.

Dengan peningkatan kapasitas jaringan yang lebih kuat serta berbagai promo layanan yang menarik, Telkomsel berkomitmen memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan, baik pengguna mobile maupun fixed broadband.

“Kami bersama TelkomGroup dan Kementerian BUMN RI berkomitmen menghadirkan solusi konektivitas yang tidak hanya andal, tetapi juga menjadikan momen penuh berkah yang terbaik bagi masyarakat,” tuturnya.

Dalam rangka meningkatkan kepuasan pengguna, TelkomGroup telah melakukan pemetaan serta pengamanan infrastruktur di 476 titik strategis, termasuk lokasi wisata, pusat perbelanjaan, bandara, pelabuhan, stasiun, jalur mudik, serta rumah ibadah.

Selain itu, penguatan lebih dari 234 ribu BTS 4G dan 5G Telkomsel juga dilakukan guna memastikan konektivitas tetap stabil. Pada periode Ramadan dan Idul Fitri 2025, layanan 5G dari TelkomGroup dapat dinikmati di 56 kota di seluruh Indonesia.

Trafik data diproyeksikan meningkat hingga 16% dibandingkan tahun sebelumnya, dengan total payload mencapai 69,14 PetaBytes (PB) pada puncak RAFI 2025. Untuk memastikan keandalan infrastruktur, TelkomGroup telah melakukan uji coba jaringan melalui tes ketahanan, pemantauan stabilitas koneksi, serta penguatan sistem keamanan siber.

Monitoring layanan dilakukan secara berkala melalui 57 Posko RAFI yang tersebar di seluruh Indonesia. Sebanyak 480 personel bertugas selama 24 jam setiap hari mulai 26 Maret hingga 8 April 2025, dibantu oleh 9.000 teknisi lapangan yang tergabung dalam tim TelkomGroup.

Sebagai bentuk apresiasi kepada pelanggan, TelkomGroup menghadirkan berbagai promo spesial Ramadan seperti Paket Serba Lima Ribu Sahur, Paket Hemat Mudik, serta penawaran menarik lainnya untuk layanan IndiHome dan Telkomsel.

Tak hanya berfokus pada infrastruktur dan layanan digital, TelkomGroup juga memanfaatkan momentum Ramadan dan Idul Fitri untuk berbagi kebahagiaan. Program sosial yang dijalankan mencakup pemberian santunan kepada 1.000 anak yatim, bantuan 100 unit komputer serta akses internet untuk sekolah dan pesantren, serta santunan bagi kaum duafa dan penyandang disabilitas.

Dengan berbagai inisiatif ini, TelkomGroup berkomitmen untuk memastikan seluruh masyarakat Indonesia dapat menikmati momen Ramadan dan Idul Fitri dengan layanan telekomunikasi yang lancar, andal, dan berkualitas tinggi.