Tips Mengeluarkan Air dari Perangkat Gadget dengan Mudah, Benarkah Direndam di Beras Efektif?

Pernahkah gadget Anda terkena air? Peristiwa ini tentu membuat panik, karena air dapat merusak komponen elektronik dan menyebabkan gadget tidak berfungsi.

Berikut beberapa tips untuk mengeluarkan air dari perangkat gadget dengan mudah:

Langkah Pertama:

  1. Matikan gadget: Segera matikan gadget untuk mencegah korsleting.
  2. Lepaskan baterai dan kartu SIM: Jika memungkinkan, lepaskan baterai dan kartu SIM untuk mempercepat proses pengeringan.
  3. Keringkan dengan kain: Gunakan kain microfiber atau kain yang lembut untuk menyerap air yang ada di permukaan gadget.
  4. Gunakan vacuum cleaner: Gunakan vacuum cleaner dengan pengaturan daya rendah untuk membantu mengeluarkan air yang terperangkap di celah-celah kecil.

Langkah Kedua:

  1. Beras: Banyak orang percaya bahwa merendam gadget dalam beras dapat membantu mengeluarkan air. Beras memiliki sifat higroskopis yang dapat menyerap air. Namun, perlu diingat bahwa metode ini tidak 100% efektif dan berisiko. Beras dapat masuk ke dalam celah-celah kecil dan menyebabkan kerusakan pada gadget.
  2. Silica gel: Gunakan silica gel yang biasa terdapat di kotak sepatu atau tas untuk membantu menyerap air. Silica gel lebih efektif dan aman dibandingkan beras.
  3. Kipas angin: Gunakan kipas angin untuk membantu mengeringkan gadget. Pastikan kipas angin tidak diarahkan langsung ke gadget dan atur kecepatannya pada tingkat rendah.

Tips Tambahan: