Cara Menyelamatkan Data dari Ponsel yang Rusak Secara Mudah dan Praktis

Kehilangan data akibat kerusakan ponsel bisa menjadi pengalaman yang sangat menegangkan. Untungnya, ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk menyelamatkan data dari ponsel yang rusak.

Langkah 1: Identifikasi Kerusakan

Langkah pertama adalah mengidentifikasi jenis kerusakan pada ponsel Anda. Apakah layarnya retak? Apakah ponselnya terendam air? Apakah tombolnya tidak berfungsi? Mengetahui jenis kerusakan akan membantu Anda menentukan langkah selanjutnya.

Langkah 2: Cadangkan Data (Jika Mungkin)

Jika ponsel Anda masih bisa dihidupkan, coba cadangkan data Anda ke cloud atau ke perangkat lain. Anda dapat menggunakan layanan seperti Google Drive, iCloud, atau Dropbox untuk mencadangkan data Anda.

Langkah 3: Gunakan Software Pemulihan Data

Jika Anda tidak dapat mengakses ponsel Anda, Anda dapat mencoba menggunakan software pemulihan data untuk mengekstrak data dari memori internal ponsel. Ada banyak software pemulihan data yang tersedia di pasaran, seperti Recuva, Disk Drill, dan EaseUS Data Recovery Wizard.

Langkah 4: Bawa ke Pusat Servis

Jika Anda tidak dapat menyelamatkan data sendiri, Anda dapat membawa ponsel Anda ke pusat servis profesional. Teknisi di pusat servis mungkin dapat memperbaiki kerusakan dan mengekstrak data dari ponsel Anda.

Tips: