7 Cara Mudah Memperbaiki Keyboard Laptop Error Maupun Tak Berfungsi

Keyboard merupakan salah satu komponen penting pada laptop yang memungkinkan pengguna untuk mengetik, menginput data, dan memberikan perintah.

Namun, terkadang keyboard laptop dapat mengalami error atau bahkan tidak berfungsi sama sekali. Hal ini tentu dapat mengganggu aktivitas dan pekerjaan Anda.

Jangan panik! Berikut 7 cara mudah yang bisa Anda coba untuk memperbaiki keyboard laptop yang error ataupun tidak berfungsi:

1. Restart Laptop:

Langkah pertama yang paling mudah adalah dengan merestart laptop Anda. Restarting dapat membantu menyegarkan sistem dan mungkin dapat menyelesaikan masalah keyboard yang error.

2. Periksa Koneksi Keyboard:

Jika Anda menggunakan keyboard eksternal, pastikan kabelnya terhubung dengan benar ke port USB laptop. Coba cabut dan pasang kembali kabelnya, atau coba gunakan port USB lain.

3. Bersihkan Keyboard:

Debu dan kotoran yang menumpuk di keyboard dapat menyebabkan masalah pada tombol. Cobalah bersihkan keyboard dengan menggunakan kain mikrofiber atau vacuum cleaner kecil.

4. Periksa Pengaturan Keyboard:

Buka pengaturan Windows dan pilih “Devices” > “Typing”. Pastikan bahwa pengaturan keyboard sudah benar dan sesuai dengan bahasa yang Anda gunakan.

5. Update Driver Keyboard:

Driver yang outdated atau corrupt dapat menyebabkan masalah pada keyboard. Cobalah update driver keyboard melalui Device Manager di Windows.

6. Jalankan Troubleshooter Keyboard:

Windows memiliki troubleshooter bawaan yang dapat membantu mendeteksi dan menyelesaikan masalah keyboard. Jalankan troubleshooter melalui Control Panel atau Settings.

7. Nonaktifkan Filter Keys:

Filter Keys adalah fitur Windows yang membantu pengguna yang mengalami tremor atau kesulitan menekan tombol keyboard. Menonaktifkan Filter Keys dapat membantu menyelesaikan masalah keyboard yang error.

Tips:

  • Jika Anda telah mencoba semua cara di atas dan keyboard masih tidak berfungsi, cobalah gunakan keyboard eksternal untuk memastikan bahwa masalahnya bukan pada laptop Anda.
  • Jika Anda masih mengalami masalah, Anda dapat membawa laptop Anda ke service center untuk mendapatkan bantuan profesional.

Semoga tips-tips di atas dapat membantu Anda memperbaiki keyboard laptop yang error ataupun tidak berfungsi!