Pasar Smartphone Global Tumbuh Pesat Hingga 2 Digit, Samsung Kembali Memimpin

Pasar smartphone global menunjukkan pertumbuhan yang pesat di tahun 2024 ini. Menurut laporan terbaru dari Canalys, pasar smartphone global mengalami pertumbuhan 12% di kuartal pertama 2024 dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2023. Pertumbuhan ini didorong oleh beberapa faktor, seperti pemulihan ekonomi global, permintaan yang terpendam, dan peluncuran produk baru yang menarik.

Samsung Kembali Memimpin:

Samsung kembali memimpin pasar smartphone global di kuartal pertama 2024 dengan 23,1% pangsa pasar. Samsung berhasil mengungguli Apple yang berada di posisi kedua dengan 18,3% pangsa pasar. Xiaomi, Oppo, dan Vivo melengkapi lima besar vendor smartphone global dengan masing-masing 14,7%, 10,5%, dan 9,1% pangsa pasar.

Faktor Pendorong Pertumbuhan:

Beberapa faktor yang mendorong pertumbuhan pasar smartphone global di kuartal pertama 2024 antara lain:

  • Pemulihan Ekonomi Global: Ekonomi global mulai pulih dari dampak pandemi Covid-19, yang mendorong konsumen untuk kembali membelanjakan uang mereka, termasuk untuk membeli smartphone baru.
  • Permintaan Terpendam: Selama pandemi Covid-19, banyak konsumen menunda pembelian smartphone baru karena berbagai alasan, seperti pembatasan mobilitas dan kekhawatiran ekonomi. Permintaan yang terpendam ini mulai terealisasi di tahun 2024, mendorong pertumbuhan pasar smartphone.
  • Peluncuran Produk Baru yang Menarik: Vendor smartphone meluncurkan berbagai produk baru yang menarik di kuartal pertama 2024, seperti Samsung Galaxy S23 Series dan Apple iPhone 14 Series. Produk-produk baru ini menarik minat konsumen dan mendorong penjualan smartphone.

Prospek Pasar Smartphone Global:

Canalys memprediksi bahwa pasar smartphone global akan terus tumbuh di tahun 2024, dengan total pengiriman smartphone diperkirakan mencapai 1,43 miliar unit. Pertumbuhan ini akan didorong oleh faktor-faktor seperti peluncuran produk baru, adopsi teknologi 5G yang semakin meluas, dan peningkatan permintaan dari pasar negara berkembang.

Kesimpulan:

Pasar smartphone global menunjukkan pertumbuhan yang pesat di tahun 2024 ini. Samsung kembali memimpin pasar smartphone global dengan pangsa pasar terbesar. Pertumbuhan ini didorong oleh pemulihan ekonomi global, permintaan yang terpendam, dan peluncuran produk baru yang menarik. Canalys memprediksi bahwa pasar smartphone global akan terus tumbuh di tahun 2024, dengan total pengiriman smartphone diperkirakan mencapai 1,43 miliar unit.

Catatan:

  • Data dalam artikel ini bersumber dari laporan Canalys.
  • Artikel ini tidak bermaksud untuk mempromosikan brand tertentu.