Begini Cara Mudah Melihat Insight Instagram Orang Lain

Kamu mungkin pernah penasaran ingin tahu performa postingan Instagram orang lain, terutama jika mereka seorang influencer atau akun bisnis. Mengetahui insight Instagram orang lain bisa memberikan banyak informasi berguna. Meski tidak bisa diakses secara langsung melalui aplikasi Instagram, ada beberapa cara praktis untuk mengetahui insight tersebut. Yuk, kita bahas caranya!

Menggunakan Alat Analitik Eksternal

Pilihan Alat Analitik

Ada beberapa alat analitik eksternal yang bisa membantu kamu melihat performa akun Instagram orang lain. Alat-alat ini biasanya digunakan oleh marketer dan influencer untuk memantau engagement dan pertumbuhan.

  1. Social Blade: Social Blade adalah salah satu alat paling populer yang bisa kamu gunakan untuk melihat statistik umum akun Instagram.
  2. HypeAuditor: HypeAuditor menyediakan analisis mendalam tentang followers, engagement rate, dan banyak lagi.

Cara Menggunakan Alat Analitik

Untuk menggunakan alat analitik ini, kamu perlu mengikuti beberapa langkah sederhana.

  1. Kunjungi Situs Web Alat Analitik: Buka browser dan kunjungi situs web alat analitik yang kamu pilih, seperti Social Blade atau HypeAuditor.
  2. Masukkan Username Instagram: Ketik username Instagram orang yang ingin kamu analisis di kolom pencarian.
  3. Lihat Statistik: Alat analitik akan menampilkan statistik umum seperti jumlah followers, jumlah postingan, dan engagement rate.

Memanfaatkan Fitur Kolaborasi

Bekerja Sama dengan Pemilik Akun

Jika kamu memiliki hubungan baik dengan pemilik akun Instagram tersebut, kamu bisa memintanya untuk berkolaborasi dan membagikan insight mereka.

  1. Ajukan Permintaan: Hubungi pemilik akun dan ajukan permintaan untuk melihat insight mereka, mungkin dengan menawarkan kolaborasi yang saling menguntungkan.
  2. Tinjau Insight yang Dibagikan: Jika mereka bersedia, mereka bisa membagikan screenshot atau laporan dari insight Instagram mereka.

Menggunakan Layanan Influencer Marketing

Beberapa platform influencer marketing menyediakan data insight tentang influencer yang terdaftar di platform mereka.

  1. Daftar di Platform Influencer Marketing: Cari dan daftar di platform influencer marketing seperti Upfluence atau AspireIQ.
  2. Cari Influencer: Gunakan fitur pencarian untuk menemukan influencer yang ingin kamu analisis.
  3. Lihat Data Insight: Platform ini biasanya menyediakan data insight untuk membantu brand dalam memilih influencer yang tepat.

Memanfaatkan Kampanye Iklan

Menganalisis Kampanye Iklan Bersama

Jika kamu bekerja di bidang marketing atau memiliki bisnis yang sering bekerja sama dengan influencer, kamu bisa menganalisis insight dari kampanye iklan yang dilakukan bersama.

  1. Buat Kampanye Iklan Bersama: Rencanakan dan jalankan kampanye iklan bersama dengan influencer tersebut.
  2. Minta Laporan Insight: Setelah kampanye selesai, minta laporan insight dari influencer untuk mengetahui performa postingan terkait kampanye.

Memantau Performa Postingan Iklan

Kamu juga bisa memantau performa postingan iklan yang melibatkan influencer.

  1. Gunakan Facebook Ads Manager: Jika kampanye iklan dilakukan melalui Facebook Ads Manager, kamu bisa melihat performa postingan di dashboard Ads Manager.
  2. Analisis Data: Periksa data seperti reach, impressions, dan engagement untuk mendapatkan gambaran umum tentang performa postingan.

Kesimpulan

Meskipun Instagram tidak menyediakan cara langsung untuk melihat insight orang lain, ada beberapa metode yang bisa kamu coba untuk mendapatkan informasi ini. Mulai dari menggunakan alat analitik eksternal, bekerja sama dengan pemilik akun, hingga memanfaatkan kampanye iklan bersama. Dengan cara-cara ini, kamu bisa mendapatkan gambaran tentang performa akun Instagram orang lain dan menggunakan informasi tersebut untuk keperluan pribadi atau bisnis. Semoga tips ini membantu dan selamat mencoba!