Cara Praktis Bayar Iuran BPJS Kesehatan Lewat Aplikasi BRImo

BPJS Kesehatan adalah program jaminan kesehatan nasional di Indonesia yang wajib diikuti oleh seluruh warga negara. Untuk memastikan layanan kesehatan yang optimal, kamu harus membayar iuran BPJS Kesehatan setiap bulannya. Saat ini, pembayaran iuran BPJS Kesehatan bisa dilakukan dengan lebih mudah melalui aplikasi BRImo dari Bank BRI. Berikut adalah cara praktis membayar iuran BPJS Kesehatan lewat aplikasi BRImo.

1. Mengunduh dan Menginstal Aplikasi BRImo

Langkah-langkah:

  1. Unduh Aplikasi BRImo: Buka Google Play Store atau Apple App Store, lalu cari aplikasi “BRImo” dan unduh aplikasi tersebut.
  2. Instal Aplikasi: Setelah selesai mengunduh, instal aplikasi BRImo di smartphone kamu.
  3. Registrasi atau Login: Jika kamu belum memiliki akun BRImo, lakukan registrasi dengan mengikuti petunjuk yang diberikan. Jika sudah memiliki akun, cukup login menggunakan username dan password yang telah terdaftar.

2. Menyiapkan Informasi BPJS Kesehatan

Sebelum melakukan pembayaran, pastikan kamu sudah menyiapkan informasi yang diperlukan, seperti nomor peserta BPJS Kesehatan. Informasi ini bisa kamu temukan di kartu BPJS Kesehatan atau melalui aplikasi resmi BPJS Kesehatan.

3. Membayar Iuran BPJS Kesehatan Melalui BRImo

Langkah-langkah:

  1. Buka Aplikasi BRImo: Jalankan aplikasi BRImo di smartphone kamu.
  2. Masuk ke Menu Pembayaran: Di halaman utama, pilih menu “Pembayaran” atau “Bayar”.
  3. Pilih BPJS Kesehatan: Di dalam menu pembayaran, cari dan pilih opsi “BPJS Kesehatan”.
  4. Masukkan Nomor Peserta: Masukkan nomor peserta BPJS Kesehatan kamu dengan benar.
  5. Pilih Jenis Pembayaran: Pilih jenis pembayaran, yaitu iuran BPJS Kesehatan.
  6. Masukkan Jumlah Iuran: Masukkan jumlah iuran yang akan dibayar sesuai dengan kelas kepesertaan kamu.
  7. Konfirmasi Pembayaran: Periksa kembali semua informasi yang telah kamu masukkan. Jika sudah benar, klik “Lanjut” atau “Konfirmasi”.
  8. Masukkan PIN: Masukkan PIN transaksi BRImo kamu untuk menyelesaikan pembayaran.
  9. Simpan Bukti Pembayaran: Setelah pembayaran berhasil, simpan bukti pembayaran sebagai referensi jika diperlukan di kemudian hari.

Keuntungan Membayar Iuran BPJS Kesehatan Lewat BRImo

Praktis dan Mudah

Dengan menggunakan aplikasi BRImo, kamu bisa membayar iuran BPJS Kesehatan kapan saja dan di mana saja tanpa perlu datang ke bank atau loket pembayaran. Prosesnya cepat dan mudah, hanya memerlukan beberapa langkah sederhana di smartphone.

Aman dan Terpercaya

Aplikasi BRImo dilengkapi dengan fitur keamanan yang canggih, seperti verifikasi PIN dan enkripsi data, sehingga transaksi kamu aman dari risiko penipuan atau kebocoran informasi pribadi.

Transaksi Terintegrasi

Selain membayar iuran BPJS Kesehatan, aplikasi BRImo juga memungkinkan kamu melakukan berbagai transaksi perbankan lainnya, seperti transfer dana, pembayaran tagihan listrik, pembelian pulsa, dan lain-lain, dalam satu aplikasi yang terintegrasi.

Kesimpulan

Membayar iuran BPJS Kesehatan kini semakin mudah dengan aplikasi BRImo dari Bank BRI. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu bisa membayar iuran BPJS Kesehatan dengan cepat, aman, dan praktis. Jangan lupa untuk selalu membayar iuran tepat waktu agar layanan kesehatan kamu tetap aktif dan terjamin. Selamat mencoba dan semoga informasi ini bermanfaat!