Kelebihan dan Kekurangan Chipset Helio G99 yang Semakin Populer di HP Kelas Menengah

Helio G99 adalah chipset terbaru dari MediaTek yang dirancang untuk smartphone kelas menengah. Chipset ini menawarkan beberapa peningkatan performa dan fitur dibandingkan dengan chipset Helio G96 sebelumnya.

Kelebihan Helio G99:

  • Performa CPU dan GPU yang lebih baik: Helio G99 menggunakan CPU octa-core Arm Cortex-A76 dengan clockspeed hingga 2.2 GHz dan GPU Arm Mali-G57 MC2. Hal ini memberikan performa yang lebih baik untuk gaming dan multitasking dibandingkan dengan Helio G96.
  • Fabrikasi 6nm: Helio G99 dibuat dengan proses fabrikasi 6nm yang lebih hemat energi dibandingkan dengan proses 12nm pada Helio G96. Hal ini berarti Helio G99 dapat menghasilkan performa yang sama dengan konsumsi daya yang lebih rendah.
  • Dukungan layar yang lebih tinggi: Helio G99 mendukung layar dengan refresh rate hingga 120Hz dan resolusi FHD+. Hal ini memberikan pengalaman visual yang lebih mulus dan tajam.
  • Dukungan kamera yang lebih baik: Helio G99 mendukung kamera dengan resolusi hingga 108MP. Hal ini memungkinkan pengguna untuk mengambil foto dan video dengan kualitas yang lebih baik.
  • Fitur HyperEngine 2.0 Lite: Helio G99 dilengkapi dengan fitur HyperEngine 2.0 Lite yang dapat meningkatkan performa gaming dan memberikan pengalaman bermain game yang lebih mulus.

Kekurangan Helio G99:

  • Tidak mendukung jaringan 5G: Helio G99 hanya mendukung jaringan 4G LTE. Hal ini berarti smartphone dengan chipset ini tidak akan dapat menggunakan jaringan 5G yang semakin marak di beberapa negara.
  • Hanya mendukung RAM LPDDR4x: Helio G99 hanya mendukung RAM LPDDR4x, bukan LPDDR5 yang lebih baru dan lebih cepat.
  • Performa AI yang biasa saja: Helio G99 memiliki performa AI yang biasa saja dibandingkan dengan chipset lain di kelasnya.

Secara keseluruhan, Helio G99 adalah chipset yang bagus untuk smartphone kelas menengah. Chipset ini menawarkan performa yang baik, fabrikasi yang hemat energi, dan berbagai fitur yang menarik.

Namun, perlu diingat bahwa Helio G99 tidak mendukung jaringan 5G dan hanya mendukung RAM LPDDR4x.

Jika Anda mencari smartphone kelas menengah dengan performa yang baik dan harga yang terjangkau, Helio G99 bisa menjadi pilihan yang tepat.

Namun, jika Anda membutuhkan smartphone yang mendukung jaringan 5G atau performa AI yang lebih tinggi, Anda mungkin perlu mencari chipset lain.