Wisata  

7 Masjid Paling Bersejarah di Indonesia yang Masih Ramai Dikunjungi Hingga Hari Ini

Indonesia, sebagai negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia, memiliki banyak masjid bersejarah yang tidak hanya menjadi tempat ibadah tetapi juga saksi bisu perjalanan sejarah bangsa. Beberapa masjid ini masih ramai dikunjungi hingga hari ini, baik untuk beribadah, wisata religi, maupun belajar sejarah. Berikut adalah tujuh masjid paling bersejarah di Indonesia yang masih ramai dikunjungi hingga hari ini seperti yang dikutip dari situs Kontraktor Kubah Masjid.

1. Masjid Agung Demak

Masjid Agung Demak, yang terletak di Kota Demak, Jawa Tengah, adalah salah satu masjid tertua di Indonesia. Dibangun pada abad ke-15 oleh Raden Patah, pendiri Kesultanan Demak, masjid ini menjadi pusat penyebaran Islam di Jawa. Masjid ini memiliki arsitektur khas Jawa dengan atap berbentuk tajug tumpang tiga. Hingga kini, Masjid Agung Demak masih menjadi tempat ibadah dan wisata religi yang populer, terutama pada saat perayaan Maulid Nabi.

2. Masjid Menara Kudus

Masjid Menara Kudus, yang terletak di Kota Kudus, Jawa Tengah, adalah salah satu masjid bersejarah yang unik karena memiliki menara yang mirip dengan candi Hindu. Masjid ini dibangun oleh Sunan Kudus pada abad ke-16 sebagai simbol toleransi antara Islam dan Hindu. Keunikan arsitekturnya menarik banyak pengunjung setiap tahunnya, baik dari kalangan peziarah maupun wisatawan yang tertarik dengan sejarah dan arsitektur.

3. Masjid Raya Baiturrahman

Masjid Raya Baiturrahman di Banda Aceh adalah simbol ketahanan dan keagungan Aceh. Dibangun pada abad ke-19 oleh Sultan Iskandar Muda, masjid ini selamat dari tsunami dahsyat tahun 2004 dan kini menjadi simbol kebangkitan Aceh. Masjid ini memiliki arsitektur khas Mughal dengan kubah besar dan menara tinggi. Setiap hari, masjid ini dipenuhi oleh jamaah yang beribadah serta wisatawan yang ingin melihat keindahan dan sejarah masjid ini.

4. Masjid Sultan Suriansyah

Masjid Sultan Suriansyah, yang terletak di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, adalah masjid tertua di Kalimantan. Dibangun pada awal abad ke-16 oleh Sultan Suriansyah, masjid ini memiliki arsitektur tradisional Banjar dengan atap tumpang tiga dan tiang-tiang kayu ulin. Masjid ini masih ramai dikunjungi oleh jamaah dan wisatawan yang tertarik dengan sejarah Islam di Kalimantan.

5. Masjid Agung Banten

Masjid Agung Banten, yang terletak di Kota Serang, Banten, adalah salah satu masjid tertua dan bersejarah di Indonesia. Dibangun pada abad ke-16 oleh Sultan Maulana Hasanuddin, masjid ini menjadi pusat penyebaran Islam di Banten. Masjid ini memiliki menara yang unik dan menjadi ikon arsitektur masa lalu. Hingga kini, masjid ini masih ramai dikunjungi oleh jamaah dan wisatawan yang ingin mengetahui sejarah Islam di Banten.

6. Masjid Sunan Ampel

Masjid Sunan Ampel di Surabaya, Jawa Timur, didirikan oleh Sunan Ampel, salah satu Walisongo, pada abad ke-15. Masjid ini menjadi pusat penyebaran Islam di Jawa Timur. Dengan arsitektur tradisional Jawa dan sentuhan Arab, masjid ini masih menjadi pusat kegiatan keagamaan dan pendidikan Islam. Kompleks masjid yang luas dan adanya makam Sunan Ampel menjadikannya tempat yang ramai dikunjungi peziarah dan wisatawan setiap hari.

7. Masjid Keraton Yogyakarta

Masjid Gede Kauman, atau sering disebut Masjid Keraton Yogyakarta, terletak di dekat Alun-Alun Utara Keraton Yogyakarta. Dibangun pada abad ke-18 oleh Sultan Hamengkubuwono I, masjid ini menjadi pusat kegiatan keagamaan Keraton Yogyakarta. Dengan arsitektur khas Jawa dan sentuhan tradisional, masjid ini tetap aktif digunakan untuk berbagai kegiatan keagamaan dan budaya. Lokasinya yang strategis menjadikannya salah satu destinasi utama bagi wisatawan yang mengunjungi Yogyakarta.

Kesimpulan

Masjid-masjid bersejarah di Indonesia ini tidak hanya menjadi tempat ibadah tetapi juga pusat penyebaran Islam dan saksi bisu perjalanan sejarah bangsa. Keindahan arsitektur, nilai historis, dan makna religius yang terkandung di dalamnya menjadikan masjid-masjid ini tetap ramai dikunjungi hingga hari ini. Dengan mengunjungi masjid-masjid ini, kita tidak hanya dapat memperdalam keimanan tetapi juga belajar dan menghargai sejarah serta kebudayaan Islam di Indonesia.