Masih Banyak yang Belum Tahu, Ini Arti dan Asal-Usul Nama Mobil Sedan

Mobil sedan merupakan salah satu jenis mobil yang paling populer di dunia. Sedan dikenal dengan desainnya yang elegan, kabin yang nyaman, dan performanya yang handal. Namun, tahukah Anda asal-usul nama “sedan”?

Asal-Usul Nama Sedan

Nama “sedan” berasal dari bahasa Latin, “sedere”, yang berarti “kursi”. Kata “sedere” kemudian berkembang menjadi “sedan” dalam bahasa Inggris. Pada awalnya, istilah “sedan” digunakan untuk mengacu pada jenis tandu yang dibawa oleh orang-orang. Tandu ini memiliki kursi yang dilapisi kain dan ditopang oleh dua tiang.

Pada abad ke-17, istilah “sedan” mulai digunakan untuk mengacu pada kereta kuda yang memiliki desain serupa dengan tandu. Kereta kuda sedan ini memiliki kursi yang dilapisi kain dan ditopang oleh pegas. Kereta kuda sedan ini menjadi populer di kalangan kelas atas karena memberikan kenyamanan dan kemewahan.

Pada awal abad ke-20, istilah “sedan” mulai digunakan untuk mengacu pada mobil yang memiliki desain serupa dengan kereta kuda sedan. Mobil sedan ini memiliki kabin yang tertutup dan kursi yang nyaman. Mobil sedan ini menjadi populer di kalangan masyarakat karena memberikan kenyamanan dan keamanan.

Arti Nama Sedan

Sesuai dengan asal-usulnya, nama “sedan” berarti “kursi”. Hal ini karena mobil sedan memiliki kabin yang dilengkapi dengan kursi yang nyaman untuk penumpang.

Jenis-Jenis Mobil Sedan

Mobil sedan memiliki berbagai jenis, antara lain: