Begini Cara Mudah Menemukan Teman di Telegram yang Bukan Anonim

Telegram adalah salah satu aplikasi pesan instan yang populer karena fiturnya yang beragam dan kemampuannya menjaga privasi pengguna. Namun, mencari teman di Telegram yang bukan anonim bisa sedikit menantang. Nah, berikut ini adalah beberapa cara mudah untuk menemukan teman di Telegram dengan identitas yang jelas.

Gunakan Fitur Pencarian Telegram

Fitur pencarian di Telegram bisa membantu kamu menemukan teman dengan cepat, asalkan kamu tahu username atau nama yang mereka gunakan di aplikasi ini.

Cari Berdasarkan Username

  1. Buka Aplikasi Telegram:
    • Pertama, buka aplikasi Telegram di HP kamu.
  2. Masukkan Username di Kolom Pencarian:
    • Ketikkan username temanmu di kolom pencarian yang ada di bagian atas layar. Username di Telegram selalu diawali dengan simbol “@”.

Cari Berdasarkan Nama Kontak

  1. Sinkronisasi Kontak:
    • Pastikan kamu sudah menyinkronkan kontak telepon dengan Telegram. Caranya, buka “Settings” (Pengaturan), pilih “Privacy and Security” (Privasi dan Keamanan), lalu aktifkan opsi “Sync Contacts” (Sinkronisasi Kontak).
  2. Cari Nama Teman:
    • Kembali ke layar utama Telegram, ketikkan nama temanmu di kolom pencarian. Jika temanmu ada di kontak telepon dan menggunakan Telegram, namanya akan muncul di hasil pencarian.

Gunakan Fitur Add People Nearby

Telegram juga menyediakan fitur “People Nearby” yang memungkinkan kamu menemukan pengguna Telegram di sekitarmu.

Aktifkan People Nearby

  1. Buka Menu People Nearby:
    • Di layar utama Telegram, buka menu (tiga garis horizontal di pojok kiri atas) dan pilih “People Nearby” (Orang di Sekitar).
  2. Temukan Teman di Sekitarmu:
    • Fitur ini akan menampilkan daftar pengguna Telegram yang berada di dekat lokasi kamu. Kamu bisa melihat nama dan jarak mereka dari posisimu saat ini.

Berpartisipasi di Grup Lokal

  1. Bergabung dengan Grup Lokal:
    • Di menu “People Nearby”, kamu juga akan menemukan grup lokal berdasarkan lokasi. Bergabung dengan grup ini bisa membantu kamu menemukan teman baru yang bukan anonim.
  2. Ajak Teman untuk Bergabung:
    • Jika kamu sudah menemukan teman di grup lokal, ajak mereka untuk bergabung dalam obrolan pribadi atau grup kecil untuk memperkuat hubungan.

Gunakan Undangan dari Kontak

Jika kamu punya nomor telepon teman yang belum menggunakan Telegram, kamu bisa mengundang mereka untuk bergabung.

Kirim Undangan

  1. Buka Kontak Telegram:
    • Di layar utama Telegram, buka tab “Contacts” (Kontak).
  2. Kirim Undangan via SMS:
    • Pilih kontak yang belum menggunakan Telegram, lalu pilih opsi “Invite to Telegram” (Undang ke Telegram). Telegram akan mengirimkan pesan undangan melalui SMS.

Kirim Link Undangan

  1. Salin Link Undangan:
    • Kamu juga bisa mengundang teman dengan membagikan link undangan Telegram. Caranya, buka “Settings” (Pengaturan), pilih “Invite Friends” (Undang Teman), lalu pilih “Share Link” (Bagikan Link).
  2. Bagikan Link:
    • Bagikan link undangan tersebut melalui pesan atau media sosial lainnya agar temanmu bisa bergabung dengan mudah.

Kesimpulan

Menemukan teman di Telegram yang bukan anonim bisa dilakukan dengan beberapa cara praktis. Kamu bisa menggunakan fitur pencarian berdasarkan username atau nama kontak, mengaktifkan fitur “People Nearby”, dan mengundang teman dari kontak teleponmu. Dengan langkah-langkah ini, kamu bisa menemukan teman dengan identitas yang jelas di Telegram. Selamat mencoba dan semoga berhasil!