Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Mobil yang Menggunakan Power Steering Elektrik

Power steering atau kemudi power adalah fitur yang membantu pengemudi memutar kemudi dengan lebih mudah, terutama saat mobil melaju dengan kecepatan rendah. Saat ini, terdapat dua jenis power steering yang umum digunakan pada mobil, yaitu power steering hidraulis dan power steering elektrik.

Power steering elektrik semakin banyak digunakan pada mobil modern karena menawarkan beberapa kelebihan, antara lain:

  • Lebih hemat bahan bakar: Power steering elektrik tidak menggunakan pompa hidraulis yang digerakkan oleh mesin, sehingga lebih hemat bahan bakar dibandingkan dengan power steering hidraulis.
  • Lebih responsif: Power steering elektrik memberikan respons yang lebih cepat dan presisi kepada pengemudi dibandingkan dengan power steering hidraulis.
  • Lebih senyap: Power steering elektrik tidak menghasilkan suara bising seperti power steering hidraulis.
  • Lebih ramah lingkungan: Power steering elektrik tidak menggunakan oli hidraulis yang dapat mencemari lingkungan.
  • Perawatan lebih mudah: Power steering elektrik umumnya membutuhkan perawatan yang lebih mudah dibandingkan dengan power steering hidraulis.

Namun, power steering elektrik juga memiliki beberapa kekurangan, antara lain:

  • Harga lebih mahal: Power steering elektrik umumnya lebih mahal dibandingkan dengan power steering hidraulis.
  • Kurang tahan lama: Power steering elektrik mungkin tidak setangguh power steering hidraulis, terutama pada penggunaan yang ekstrem.
  • Lebih sensitif terhadap kerusakan elektronik: Power steering elektrik lebih sensitif terhadap kerusakan elektronik dibandingkan dengan power steering hidraulis.

Kesimpulan

Power steering elektrik menawarkan beberapa kelebihan dibandingkan dengan power steering hidraulis, seperti lebih hemat bahan bakar, lebih responsif, dan lebih ramah lingkungan. Namun, power steering elektrik juga memiliki beberapa kekurangan, seperti harga yang lebih mahal dan kurang tahan lama.

Pilihan jenis power steering terbaik untuk mobil Anda tergantung pada kebutuhan dan budget Anda.

Berikut beberapa tips untuk memilih mobil dengan power steering yang tepat:

  • Pertimbangkan kebutuhan Anda: Jika Anda sering mengemudi di jalanan yang padat atau membutuhkan kemudi yang presisi, power steering elektrik mungkin pilihan yang tepat. Namun, jika Anda memiliki budget terbatas atau sering mengemudi di medan yang berat, power steering hidraulis mungkin pilihan yang lebih baik.
  • Lakukan test drive: Cobalah mobil dengan power steering hidraulis dan power steering elektrik untuk merasakan perbedaannya.
  • Baca ulasan: Baca ulasan tentang mobil yang Anda minati untuk mengetahui bagaimana kinerja power steeringnya.

Semoga informasi ini membantu Anda dalam memilih mobil dengan power steering yang tepat!