Cara Memperpendek Link Google Drive Agar Terlihat Lebih Ringkas

Pernah nggak sih, kamu merasa terganggu dengan link Google Drive yang panjang dan ribet? Apalagi kalau mau dibagikan ke teman atau di media sosial, link panjang itu bisa mengganggu tampilan dan susah diingat. Nah, ada beberapa cara mudah untuk memperpendek link Google Drive agar terlihat lebih ringkas dan enak dilihat. Yuk, kita simak caranya!

Gunakan Layanan URL Shortener

Salah satu cara paling praktis untuk memperpendek link Google Drive adalah dengan menggunakan layanan URL shortener. Ada banyak pilihan layanan yang bisa kamu gunakan secara gratis.

Bitly

  1. Daftar dan Login:
    • Kunjungi situs Bitly (www.bitly.com). Jika belum punya akun, kamu bisa daftar gratis. Kalau sudah punya, langsung login aja.
  2. Perpendek Link:
    • Copy link Google Drive yang ingin kamu perpendek, lalu paste di kolom yang tersedia di Bitly. Klik “Shorten” dan link kamu akan otomatis diperpendek. Kamu juga bisa mengedit link pendeknya agar lebih mudah diingat.

TinyURL

  1. Kunjungi Situs TinyURL:
    • Buka situs TinyURL (www.tinyurl.com) di browser kamu.
  2. Buat Link Pendek:
    • Copy link Google Drive, paste di kolom yang tersedia di TinyURL, dan klik “Make TinyURL!”. Link pendek akan dibuat dan bisa langsung kamu gunakan. Kamu juga bisa memilih custom alias untuk link tersebut.

Gunakan Google URL Shortener

Google juga menyediakan layanan URL shortener yang bisa kamu gunakan. Meski layanan ini sudah tidak tersedia lagi secara standalone, ada alternatif yang bisa kamu gunakan dalam ekosistem Google.

Firebase Dynamic Links

  1. Masuk ke Firebase Console:
  2. Buat Dynamic Link:
    • Pilih proyek atau buat proyek baru. Di menu sebelah kiri, pilih “Dynamic Links”. Klik “Get Started” dan kemudian “New Dynamic Link”. Ikuti langkah-langkah untuk membuat link pendek dari link Google Drive kamu.

Add-on Google Sheets

  1. Install Add-on URL Shortener:
    • Buka Google Sheets dan install add-on “URL Shortener” dari Google Workspace Marketplace.
  2. Perpendek Link di Google Sheets:
    • Masukkan link Google Drive ke dalam sel di Google Sheets. Pilih sel tersebut, lalu gunakan add-on URL Shortener untuk memperpendek link langsung di spreadsheet.

Kesimpulan

Memperpendek link Google Drive agar terlihat lebih ringkas dan mudah dibagikan bukan hal yang sulit. Kamu bisa menggunakan layanan URL shortener seperti Bitly atau TinyURL, atau memanfaatkan fitur dari ekosistem Google seperti Firebase Dynamic Links dan add-on di Google Sheets. Dengan langkah-langkah sederhana ini, kamu bisa membuat link yang lebih enak dilihat dan mudah diingat. Selamat mencoba, dan semoga berhasil!