Bisnis  

Sering Dianggap Sama, Ini Perbedaan Mencolok Antara Jurusan Kuliah Administrasi Bisnis dan Manajemen Bisnis

Bagi calon mahasiswa yang ingin berkuliah di bidang bisnis, memilih jurusan yang tepat bisa menjadi hal yang membingungkan. Dua jurusan yang sering disalahartikan adalah Administrasi Bisnis (AB) dan Manajemen Bisnis (MB). Meskipun terdengar mirip, kedua jurusan ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Perbedaan Fokus

  • Administrasi Bisnis: AB fokus pada aspek keseluruhan dari sebuah organisasi, termasuk strategi, struktur organisasi, keuangan, dan sumber daya manusia. Lulusan AB diharapkan memiliki pengetahuan luas tentang bagaimana organisasi beroperasi dan mampu mengelola berbagai departemen.
  • Manajemen Bisnis: MB fokus pada pengelolaan dan pengoperasian suatu organisasi. Lulusan MB diharapkan memiliki kemampuan untuk memimpin tim, menyelesaikan masalah, dan membuat keputusan yang tepat untuk mencapai tujuan organisasi.

Perbedaan Kurikulum

  • Administrasi Bisnis: Kurikulum AB umumnya lebih teoretis dan konseptual. Mahasiswa AB akan mempelajari berbagai teori bisnis, ekonomi, dan hukum.
  • Manajemen Bisnis: Kurikulum MB umumnya lebih praktis dan aplikatif. Mahasiswa MB akan mempelajari berbagai teknik dan strategi manajemen, serta praktik bisnis yang aktual.

Peluang Kerja

  • Administrasi Bisnis: Lulusan AB memiliki peluang kerja yang luas di berbagai jenis organisasi, seperti perusahaan swasta, lembaga pemerintah, dan organisasi nirlaba.
  • Manajemen Bisnis: Lulusan MB memiliki peluang kerja yang lebih terfokus pada posisi-posisi manajemen di berbagai jenis organisasi.

Kesimpulan

Meskipun memiliki beberapa kesamaan, Administrasi Bisnis dan Manajemen Bisnis adalah dua jurusan yang berbeda dengan fokus dan kurikulum yang berbeda. Calon mahasiswa perlu mempertimbangkan minat dan tujuan karir mereka sebelum memilih jurusan yang tepat.

Tips Memilih Jurusan: