Aturan 5 Detik Saat Makanan Terjatuh Dalam Pandangan Sains

Pernahkah Anda menjatuhkan makanan ke lantai dan langsung mengambilnya dalam waktu lima detik, dengan keyakinan bahwa makanan tersebut masih aman untuk dimakan? Hal ini didasari oleh aturan yang dikenal sebagai “aturan 5 detik”.

Aturan 5 detik menyatakan bahwa jika makanan terjatuh ke lantai dan segera diambil dalam waktu lima detik, maka makanan tersebut masih aman untuk dimakan karena bakteri belum sempat berpindah ke makanan.

Namun, apakah aturan ini benar secara ilmiah?

Sains berkata tidak.

Menurut para ilmuwan, jumlah bakteri yang berpindah ke makanan saat terjatuh tidak tergantung pada waktu, melainkan pada jenis makanan, permukaan lantai, dan tingkat kelembaban.

Berikut beberapa faktor yang memengaruhi perpindahan bakteri:

  • Jenis makanan: Makanan yang basah dan lengket, seperti kue atau roti, lebih mudah terkontaminasi bakteri dibandingkan dengan makanan kering, seperti biskuit atau keripik.
  • Permukaan lantai: Lantai yang kotor dan banyak bakteri, seperti di kamar mandi, akan lebih banyak mencemari makanan dibandingkan dengan lantai yang bersih dan kering.
  • Tingkat kelembaban: Semakin tinggi tingkat kelembaban, semakin mudah bakteri berpindah ke makanan.

Penelitian telah menunjukkan bahwa dalam waktu 5 detik, bakteri dari lantai sudah dapat berpindah ke makanan.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Universitas Rutgers pada tahun 2016 menemukan bahwa bakteri E. coli, Salmonella, dan Staphylococcus dapat berpindah ke roti, semangka, roti dengan mentega, dan permen karet dalam waktu 5 detik setelah terjatuh ke lantai yang terkontaminasi.

Jadi, apa yang harus dilakukan jika makanan terjatuh ke lantai?

Sebaiknya buanglah makanan tersebut.

Hal ini untuk menghindari risiko keracunan makanan yang dapat menyebabkan sakit perut, diare, muntah, dan bahkan demam.

**Namun, jika Anda sangat ingin memakan makanan yang terjatuh, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi risiko:

  • Cuci makanan dengan air bersih yang mengalir.
  • Panaskan makanan hingga mencapai suhu 70°C.
  • Potong bagian makanan yang paling dekat dengan lantai.

Ingatlah bahwa aturan 5 detik adalah mitos dan tidak boleh dijadikan patokan untuk menentukan apakah makanan aman untuk dimakan atau tidak.

Selalu utamakan kesehatan dan kebersihan dengan membuang makanan yang terjatuh ke lantai.